Konstruksi Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Dipercepat, Begini Progresnya

- Minggu, 26 Juni 2022 | 08:48 WIB
Kementerian PUPR mempercepat konstruksi Toll Kayu Agung-Betung. (suaramerdeka-muria.com/Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR mempercepat konstruksi Toll Kayu Agung-Betung. (suaramerdeka-muria.com/Kementerian PUPR)

Suaramerdeka-muria.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pu.go.id, di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini tengah mempercepat pembangunan Ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) seksi 2 (Kramasan-Musilandas) 24,9 km dan seksi 3 (Musilandas-Betung) 44,3 km, serta ruas Tol Simpang Indralaya-Muara Enim sepanjang 119 km.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, penyelesaian seksi 2 dan 3 akan melengkapi seksi 1 dan 3 (segmen Kayu Agung-Kramasan) sepanjang 37,6 km yang telah selesai dan beroperasi.

Baca Juga: Satpol PP Lebih Sering Razia ke Hotel Melati daripada Berbintang, Ini Alasannya

Tol Kayu Agung-PalembangBetung merupakan bagian dari koridor utama (backbone) Jalan Tol Trans Sumatera untuk meningkatkan konektivitas antara kota/kawasan di Pulau Sumatera bagian selatan.

Tol ini akan mengintegrasikan konektivitas kawasan, memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri di koridor Palembang-Jambi.

Triono Junoasmono menyebutkan, saat ini progres pembebasan lahan seksi 2 dan 3 (Kramasan-Betung) telah mencapai 87,5 persen.

Progres konstruksinya mencapai 35 persen dengan target penyelesaian pada Agustus 2023 mendatang.

Pembangunannya dilaksanakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Waskita Sriwijaya Tol dengan total investasi sebesar Rp 22,17 triliun.

Baca Juga: Sempat Diragukan, Tol Demak-Tuban dan Tol Ngawi-Bojonegoro-Tuban Ngaroban Disiapkan Untuk Dilelang

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Sumber: pu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X