Korban Kecelakaan karena Jalan Berlubang Bisa Tuntut Ganti Rugi? Ini Aturannya

- Jumat, 10 Juni 2022 | 10:54 WIB
Polisi melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan karena jalan berlubang di Pantura Kaliori Rembang, belum lama ini. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)
Polisi melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan karena jalan berlubang di Pantura Kaliori Rembang, belum lama ini. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)

Suaramerdeka-muria – Di sejumlah daerah beberapa kali terjadi kasus kecelakaan yang disebabkan karena jalan rusak atau berlubang.

Di kawasan jalan yang berada di Kabupaten Rembang Jateng, Jateng misalnya, beberapa kali kecelakaan terjadi karena jalan berlubang atau rusak.

Atas kondisi itu, sering menjadi bahan perbincangan di tengah masyarakat, bisakah korban kecelakaan karena jalan rusak atau berlubang, menuntut ganti rugi kepada penyelanggara jalan atau pemerintah?

Dalam UU 22 2009, tidak dijelaskan secara terperinci tentang bisa tidaknya pengendara yang menjadi korban kecelakan akibat jalan rusak atau berlubang menuntut ganti rugi kepada pemerintah.

Baca Juga: Terungkap, Korban Tabrak Lari di Pantura Kaliori Jatuh gegara Terperosok Lubang Jalan

Baca Juga: Tabrak Lari di Pantura Lasem, Perempuan Muda Pengendara Beat Tewas di Lokasi

Namun, dalam beberapa pasal dijelaskan kewajiban penyelenggara jalan dalam hal ini pemerintah untuk melakukan perbaikan atas kerusakan jalan yang rusak.

Seperti Pasal 24 Ayat 1, pada undang-undang tersebut yang menyebutkan, “Penyelenggara Jalan wajib segera dan patut untuk memperbaiki Jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas”.

Secara tekstual, pemerintah wajib dengan cepat melakukan perbaikan atas kondisi jalan rusak dan yang bisa mengakibatkan terjadinya kasus kecelakaan lalu-lintas.

Artinya, jika jalan rusak yang rawan terjadi kecelakaan tidak segera diperbaiki, hal itu melanggar UU 22 2009, Pasal 24 Ayat 1.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB

Kunjungan Kapolri Silaturahmi Alim Ulama Rembang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
X