Pembangunan Tol Demak-Tuban dan Tol Ngawi-Bojonegoro-Babat Masuk Skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha 2022

- Sabtu, 16 April 2022 | 20:51 WIB
Rencana jalan tol Demak-Tuban yang melewati Kabupaten Demak, Kudus, Pati, Rembang di wilayah Jateng. (ist)
Rencana jalan tol Demak-Tuban yang melewati Kabupaten Demak, Kudus, Pati, Rembang di wilayah Jateng. (ist)

 

Suaramerdeka-Muria.com - Pembangunan tol Demak-Tuban dan tol Ngawi-Bojonegoro-Babat (Ngaroban) serta beberapa tol lainnya masuk skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) tahun 2022.

Pembagunan tol Demak-Tuban dan tol Ngawi-Bojonegoro-Babat (Ngaroban) tahun ini masuk pernyiapan.

"Jalan tol Demak-Tuban, dan jalan tol Ngawi-Bojonegoro-Babat sedang dalam tahap penyiapan. Sedangkan sebanyak 10 proyek di bidang jalan dan jembatan dalam tahap transaksi," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna dikutip muria.suaramerdeka.com dari lamam Kemen PUPR pada Sabtu 16 April 2022.

Baca Juga: Tuban Dilewati Dua Ruas Jalan Tol : Ini Daftar Desa yang Dilalui Tol Demak-Tuban dan Trase Ngaroban di Tuban

Dia mengatakan, pada tahun 2022 terdapat 14 proyek yang dalam tahap penyiapan KPBU dan 16 proyek yang dalam tahap transaksi, sehingga total terdapat 30 proyek KPBU dengan perkiraan nilai investasi Rp332,59 triliun. 

"Enam proyek di bidang jalan dan jembatan diantaranya untuk pembangunan Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta, Jalan Tol Demak-Tuban, dan Jalan Tol Ngawi-Bojonegoro-Babat sedang dalam tahap penyiapan. Sedangkan sebanyak 10 proyek di bidang jalan dan jembatan dalam tahap transaksi," kata Herry. 

Baca Juga: Tol Ngaroban Ngawi-Bojonegoro-Tuban Mulai Dibangun 2023

Ke-10 proyek yang sedang dalam tahap transaksi tersebut adalah Jembatan Batam - Bintan, Jalan Trans Papua Ruas Jayapura – Wamena (Segmen Mamberamo –Elelim), Jalan Tol Kohod (Pakuhaji) –Lebakwangi (Neglasari), Jalan Tol Kediri – Tulungagung, Jalan Tol Malang – Kepanjen, Jalan Tol Semarang Harbour, Jalan Tol Semanan – Balaraja, Jalan Tol Sentul Selatan –Karawang Barat, Jalan Tol Bogor – Serpong via Parung, dan Jalan Tol Cikunir – Karawaci. 

Sedangkan di bidang Sumber Daya Air (SDA), Herry mengatakan terdapat Bendungan Merangin di Jambi yang sedang tahap penyiapan KPBU dan Bendungan Bodri serta pemeliharaan Bendungan dan BGS PLTM Bintang Bano – NTB yang sedang dalam tahap transaksi. 

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Sumber: Kemen PUPR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X