Kajari Kudus Diadukan ke Kejagung Terkait Dugaan Pemerasan

- Kamis, 7 April 2022 | 19:55 WIB
Kepala Kajari Kudus Ardian. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Kepala Kajari Kudus Ardian. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus digoyang isu dugaan pemerasan. Ketua LSM Bimantara Didik Hadi Saputra mengadukan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus dan jajarannya ke Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejagung RI.

Pengaduan itu menyusul adanya dugaan penyalahgunaan wewenang dan pemerasan saat penyelidikan kasus dana hibah KONI 2016-2021 oleh Kejari Kudus. Didik menuturkan, aduan itu sudah dilatangkan Oktober 2021 lalu.

“Aduan sudah kami layangkan ke Jamwas Kejagung 31 Oktober 2021. Namun baru ditindaklanjuti saat ini. Rencananya saya akan diperiksa oleh Jamwas Kejagung di Kantor Kejati Semarang, Senin mendatang,” katanya, Kamis (7/4).

BACA JUGA : Kejari Usut Dugaan Pemotongan Dana Pengcab KONI Kudus

Didik mengatakan, dalam aduannya ia menyebut adanya ketidakprofesionalan yang dilakukan Kajari dan jajarannya. Ia mencontohkan, salah satu pengurus KONI yang seorang perempuan dan sudah lanjut usia diperiksa oleh Kejari mulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB.

“Selama pemeriksaan, wakil bendahara KONI itu bahkan tidak diperbolehkan menggunakan ponsel. Yang bersangkutan karena perempuan dan sudah lansia bahkan sampai menangis karena adanya intimidasi,” katanya.

Didik menambahkan, Kasi Intel juga secara terang-terangan meminta uang kepada Ketua KONI Kabupaten Kudus. Namun permintaan itu ditolak Ketua KONI. Yang lebih parah lagi, kata Didik, Kajari melalui telepon secara terang-terangan meminta uang sebanyak Rp 35 juta kepada salah satu pengurus KONI Kabupaten Kudus.

Oleh pengurus tersebut hanya diberikan sebanyak Rp 10 juta. Akhirnya ia diancam akan diundang terus untuk diperiksa atas kasus tersebut.

“Semua bukti-bukti dugaan adanya penyalahgunaan wewenang dan pemerasan itu telah kami sampaikan ke Jamwas Kejagung,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB

Kunjungan Kapolri Silaturahmi Alim Ulama Rembang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
X