Waspada Cuaca Ekstrim Hujan Deras Disertai Angin Kencang 5 April hingga 7 April : Prakiraan Cuaca Pekan Ini

- Selasa, 5 April 2022 | 08:37 WIB
Ilustrasi hujan deras (Foto : ist)
Ilustrasi hujan deras (Foto : ist)

Suaramerdeka-Muria.com- Hujan deras disertai angin kencang diperkirakan akan terjadi merata di sejumlah kabupaten dan kota di Pulau Jawa, khususnya di Provinsi Jawa Tengah, Selasa 5 April 2022 hingga Kamis 7 April 2022.

Masyarakat diimbau waspada terhadap cuaca yang cenderung ekstrim berdasarkan prakiraan cuaca pekan ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang merilis prospek cuaca ekstrim di wilayah Jawa Tengah dalam kurun tiga hari ke depan (5-7 April 2022).

Baca Juga: Viral !! Keindahan Jembatan Melintasi Bendungan Randugunting, Banyak yang Tak Menyangka Ada di Blora

Menurut BMKG Ahmad Yani Semarang, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia selatan Jawa menyebabkan adanya belokan angin dan pola konvergensi di wilayah Jawa Tengah, serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Baca Juga: Persipura, Persela, Persiraja Tak Jadi Degradasi Jika Emergency Exco PSSI Meeting Mei 2021 Putuskan Lain

''Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia,'' ujar Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno dalam rilisnya.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 05 April - 07 April 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

Baca Juga: Bursa Pemain Liga 1 : Striker Persik Kediri Youssef Ezzejjari Gabung Bhayangkara FC, Depak Ezechiel N'Douassel

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Sumber: BMKG

Tags

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB

Kunjungan Kapolri Silaturahmi Alim Ulama Rembang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
X