Peringatan Satu Abad Perjuangan Samin Surosentiko : Hubungan Psikis Blora dan Sawahlunto Semakin Lekat

- Rabu, 16 Maret 2022 | 18:15 WIB
Peringatan satu abad perjuangan Samin Surosentiko, Selasa 15 Maret 2022. (suaramerdeka.com-/Urip Daryanto)
Peringatan satu abad perjuangan Samin Surosentiko, Selasa 15 Maret 2022. (suaramerdeka.com-/Urip Daryanto)

TIDAK berlebihan, momen ini layaknya sebuah pencarian atau penggalian sejarah masa lalu, soal perjuangan Samin Surosentiko. Dari berbagai prosesi  peringatan satu abad perjuangan Samin Surosentiko yang digelar di Pendopo Pengayoman, Desa Ploso Kediren, Kecamatan Randublatung, Blora, pada Selasa (15/3/2022), paling tidak terkuak berbagai nilai luhur perjuangan yang penuh heroik itu.

 

Salah satunya,  di momen jagonganPanglingo Wonge Ojo Pangling Suarane, Laku Sikep Kanggo Donya”, yang dihadiri Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M. Si, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, serta Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat,  Deri Asta, SH, mendorong semakin lekatnya psikis  Blora dan Sawahlunto. Hal itu terjadi karena memang ada keterkaitan sejarah masa lampau (penjajahan Belanda).

Tentu saja Bupati Arief Rohman menyambut baik kedatangan Walikota Sawahlunto di Blora untuk hadir di acara peringatan satu abad perjuangan Samin Surosentiko.

“Pak Walikota Sawahlunto, beliau jauh-jauh datang dari Sumatera Barat ini menyambung paseduluran sedherek-sedherek wonten Blora meniko. Terima kasih Pak Walikota atas kehadirannya,” papar Mas Arief, Bupati Blora

Dikatakan, bahwa kedatangan Walikota Deri Asta, salah satunya merupakan bentuk komitmen  bahwa memang kita punya hubungan antara Blora dan Sawahlunto.

Untuk itu, Bupati Arief merasa bahagia saat bisa hadir di Ploso Kediren,  semua itu ide gagasan dari Mas Gunretno untuk memperingati satu abad Mbah Samin Surosentiko.

“Kami Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan terimakasih apresiasi setinggi-tingginya kepada anak turun temurun Mbah Samin Surosentiko, para sedulur Sikep, khususnya yang dari Blora atas sumbangsihnya selama ini perannya dalam rangka membangun Kab Blora yang sangat luar biasa,” lanjutnya.

Dikatakan Bupati, Pemkab Blora ke depan akan bersinergi dengan sedulur sikep, karena bagaimanapun juga ajarannya Mbah Samin perlu disepakati bisa memberikan kemanfaatan untuk masyarakat dan warga sedulur Sikep.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB

Kunjungan Kapolri Silaturahmi Alim Ulama Rembang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
X