Desa di Kabupaten Tuban yang Akan Dilewati Jalan Tol Demak-Tuban, Dari Jateng Jalan Tol Masuk Via Jatirogo

- Senin, 14 Februari 2022 | 10:14 WIB
Wilayah perbatasan Jateng-Jatim dan Rembang-Tuban di Kecamatan Sarang-Bancar. Jalan tol Demak-Tuban tidak melewati daerah perbatasan ini melainkan di Kecamatan Jatirogo. (suaramerdeka.com/IST)
Wilayah perbatasan Jateng-Jatim dan Rembang-Tuban di Kecamatan Sarang-Bancar. Jalan tol Demak-Tuban tidak melewati daerah perbatasan ini melainkan di Kecamatan Jatirogo. (suaramerdeka.com/IST)

Suaramerdeka-Muria.com- Ruas jalan tol Demak-Tuban dari wilayah Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang (Jateng) akan masuk ke Jatim di wilayah Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban.

Lokasi tersebut berbeda dengan jalur jalan trans pantai utara (Pantura) Jawa yang berada di perbatasan Kecamatan Sarang, Rembang dan Kecamatan Bancar, Tuban.

Pembangunan tol Demak-Tuban bukan lagi sekadar wacana. 

Baca Juga: Ada Kabar Proyek Jalan Tol, Warga Galau Tunda Perbaiki Rumah

Nantinya tol Demak-Tuban akan terkoneksi pula dengan tol Ngaroban Ngawi-Bojonegoro-TubanBaca Juga: Daftar Desa di Bojonegoro yang Akan Dilewati Tol Ngaroban Ngawi-Bojonegoro-Tuban, Berada di Lahan Solo Valley )

Presiden Jokowi telah mengungkapkan sendiri rencana pembangun jalan tol Demak-Tuban saat meninjau pembangunan tol Semarang-Demak tahun lalu. 

‘’Proyek Jalan Tol Semarang - Demak merupakan bagian jaringan Tol Trans Jawa koridor Pantai Utara Jawa. Koridor ini akan menghubungkan wilayah Semarang, Demak, Tuban, hingga Gresik. Untuk ruas tol Gresik - Surabaya sendiri telah terhubung oleh konektivitas Jalan Tol dan telah dioperasikan sejak lama,’’ ujar Presiden Jokowi dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Senin 14 Februari 2022.

Baca Juga: Tol Demak-Tuban : Harga Tanah di Rembang Ada yang Hanya Rp 15.000/Meter, Bakal Meroket?

Pemerintah daerah yang wilayahnya akan dilewati ruas jalan tol Demak-Tuban juga telah menindaklanjutinya dengan memasukan rencana pembangunan jalan tol tersebut ke dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) maupun perda RTRW.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X