Pengisian Air Impounding Bendungan Randugunting Blora Butuh Waktu Satu Bulan, Daya Tampung Capai 14,42 Juta M3

- Senin, 29 November 2021 | 18:25 WIB
Bendungan Randugunting Blora mulai diisi air (Impouding), Senin 29 November 2021. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Bendungan Randugunting Blora mulai diisi air (Impouding), Senin 29 November 2021. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka-muria.com,- Dibutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk pengisian air di Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora.

Pengisian air (impounding) di proyek strategis nasional (PSN) itu secara resmi telah mulai dilakukan pada Senin 29 November 2021. 

''Pengisian mulai dilakukan antara 15 hari hingga 30 hari hingga nantinya muka air permukaan mencapai kedalaman 70 meter. Ini lebih cepat dari perkiraan desain awal kita dulu. Disamping karena musim hujan juga adanya La Nina bisa mendukung percepatan pengisian bendungan. Daya tampung bendungan ini mencapai 14,42 juta meter kubik,” ungkap Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi, S.T., M.Tech di sela-sela prosesi pengisian awal air di Bendungan Randugunting, Senin 29 November 2021.

Baca Juga: Kalahkan Persak Kebumen, PSIP Pemalang Kubur Impian PSIR Rembang Lolos Semifinal Liga 3 Jateng

Menurutnya, fungsi utama bendungan yang terletak di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora ini meliputi pemenuhan kebutuhan air bersih, irigasi lahan pertanian, konservasi sumber daya air dan pemulihan sumber air tanah di kawasan bendungan, dan pariwisata.

“Untuk pemenuhan air bersihnya, Blora akan dapat 100 liter per detik, Rembang dan Pati mendapat 50 liter per detik. Karena dimanfaatkan beberapa kabupaten, maka akan kita bentuk semacam PDAM dari Provinsi untuk bekerjasama dengan PDAM Blora, Rembang dan Pati,'' ujar Adek Rizaldi.

Baca Juga: Nasabah BSI di Kudus Jadi Korban Skimming ATM, Ramai-Ramai Lapor ke Bank

Bupati Blora H Arief Rohman didaulat melakukan penekanan tombol dimulainya impouding di proyek yang ditangani Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

Peresmian dimulainya pengisian air bendungan dilakukan bupati dengan menandatangani batu prasasti dan penekanan tombol bersama dengan Kepala BBWS Pemali Juana, Kepala DPU SDA Tata Ruang Jawa Tengah, Forkopimda Blora, dan Kepala DPUPR dari Blora, Rembang, dan Pati.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Orang Tewas Usai Pesta Miras di Cepu

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:21 WIB

4.150 Dosis Vaksin di Jepara Nyaris Kedaluwarsa

Kamis, 6 Januari 2022 | 10:31 WIB
X