Empat Pejuang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional di Hari Pahlawan 2021, Dari Kaltim, Sulteng, Jakarta, Banten

- Senin, 1 November 2021 | 14:01 WIB
Konperensi pers Menteri Mahfud MD (Youtube Kemenko Polhukam RI)
Konperensi pers Menteri Mahfud MD (Youtube Kemenko Polhukam RI)

Suaramerdeka-Muria.com- Pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada empat orang pejuang bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 2021, 10 November.

Keempat pejuang yang mendapatkan gelar pahlawan nasional itu adalah Tombolotutu dari Sulawesi Tengah (Sulteng), Sultan Aji Muhammad Idris (Kalimantan Timur), Usmar Ismail (Jakarta), Raden Arya Wangsakara (Banten).

Penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk empat orang pejuang tersebut tertuang dalam Keppres No.109/TK/2021 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

Baca Juga: Logo Hari Pahlawan 2021 dan Makna serta Tema, Generasi Muda Wajib Paham, Generasi Tua Yuk Ikut Baca


‘’Itu gelar pahlawan nasional yang nanti akan diserahkan atau dianugerahkan secara resmi kepada keluarga almarhum di Istana Bogor bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 2021,'' ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dikutip dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Kemenko Polhukam, Kamis 28 Oktober 2021.

Menurut Mahfud MD, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkannya kepada keluarga almarhum empat pejuang yang dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Mahfud MD menjelaskan, keputusan presiden dalam memberikan gelar pahlawan nasional kepada empat pejuang tersebut mengutamakan pemerataan daerah selain pertimbangan ketokohan dan kriteria lainnya.

Provinsi Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur selama ini belum memiliki sosok pahlawan nasional.

''Nama calon pahlawan yang diusulkan ada ratusan dan semuanya baik-baik. Maka pemerintah hal ini mengutamakan selain ketokohan, adalah pemerataan kedaerahan,'' kata Mahfud MD.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Sumber: Kemenko Polhukam RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB
X