Sejarah Lengkap Hari Santri, Resolusi Jihad Mengawali

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 08:03 WIB
Sejarah Hari Santri (Ft : Laman smkitaba.sch.id)
Sejarah Hari Santri (Ft : Laman smkitaba.sch.id)

Suaramerdeka-Muria.com- Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober memiliki sejarah yang patut diketahui. Peringatan Hari Santri setiap tanggal 22 Oktober ditetapkan berdasarkan keputusan presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Sejarah Hari Santri pun menarik dicermati.

Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri bukan tanpa alasan.


Mengutip konsideran Keppres Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri disebutkan bahwa tanggal 22 Oktober tersebut diperingati merujuk pada ditetapkannya seruan resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama pondok pesantrean dari berbagai penjuru Indonesia. (klik ini untuk download Keppres Nomor 22 Tahun 2015).

Baca Juga: Tema dan Logo Hari Santri 2021 Telah Dirilis Menteri Agama, SANTRI SIAGA JIWA DAN RAGA!!

 

Sejarah Hari Santri

Seruan jihad itu mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah ari dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari serangan penjajah.

Seruan jihad atau lebih dikenal dengan resolusi jihad dicetuskan oleh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yakni Hadratusyekh KH Hasyim Asyari.

Resolusi jihad diserukan sebagai upaya mengobarkan semangat juang untuk mempertahankan NKRI dari Belanda yang diboncengi oleh NICA atau tentara sekutu.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.150 Dosis Vaksin di Jepara Nyaris Kedaluwarsa

Kamis, 6 Januari 2022 | 10:31 WIB
X