DPRD Jepara Setuju Masuk Karimunjawa Gratis

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 22:25 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif (dua dari kanan) menyerahkan berita acara persetujui penetapan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Perda pada Rapat Paripurna di Gedung Dewan, Kamis (26/8). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif (dua dari kanan) menyerahkan berita acara persetujui penetapan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Perda pada Rapat Paripurna di Gedung Dewan, Kamis (26/8). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara setuju, wisatawan masuk Karimunjawa secara gratis alias tidak membayar.

Sebaliknya, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pungkruk, Kecamatan Mlonggo, serta Gua Tritip, Kecamatan Donorojo, akan segera dikenai tiket masuk. Keduanya ditetapkan sebagai tempat rekreasi baru yang resmi dikelola Pemkab Jepara.  

Persetujuan Dewan ditetapkan pada Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Haizul Ma’arif, bersama tiga Wakil Ketua Junarso, Pratikno, dan KH Nuruddin Amin di Ruang  Paripurna, Kamis (26/8). Bupati Jepara Dian Kristiandi hadir bersama para pimpinan perangkat daerah.

Legislatif menyetujui penetapan tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) menjadi Perda. Satu diantaranya Perda tentang Perubahan Ketiga atas Perda Nomor 26 Tahun 2010 tentang Retribusi Tempat Rekreasi.

Regulasi inilah yang mengatur pengenaan tiket masuk untuk pengunjung Pantai Pungkruk dan Gua Tritip sekaligus menghapus tiket masuk ke Karimunjawa

BACA JUGA : Warga Pulau Karimunjawa Dibantu Lima Ton Beras, Semoga Tepat Sasaran

Disetujuinya Pantai Pungkruk dan Gua Tritip sebagai dua objek retribusi baru, disertai wanti-wanti agar pengelolaan kedua tempat itu dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Sehingga penarikan retribusi dapat meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah – Red) secara optimal,” kata Arlisfian Tegar Wijaya saat membacakan laporan Panitia Khusus (Pansus)  I  yang membahas ranperda tersebut.

Sesuai perubahan terbaru perda tersebut, pengunjung Pantai Pungkruk dan Gua Tritip dikenai retribusi sebesar Rp5 ribu untuk anak-anak, dan Rp 8 ribu untuk dewasa. Namun sebagaimana tempat-tempat rekreasi lain milik Pemkab Jepara, pengenaan tarif tersebut hanya dilakukan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari-hari libur nasional.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Imlek, Klenteng Dibersihkan Gotong Royong

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:50 WIB

Aklamasi, Hadi Sarwoko Terpilih Lagi Ketua PPNI Jepara

Minggu, 23 Januari 2022 | 05:51 WIB

Pertuni : Punya Anak Tunanetra Jangan Disembunyikan

Rabu, 12 Januari 2022 | 17:55 WIB

Bawaslu RI Beri Apresiasi Pada Bawaslu Jepara

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:44 WIB

Dokter Edwin Tohaga Ketua IDI Jepara

Senin, 10 Januari 2022 | 07:29 WIB

Jepara Kekurangan Jumlah Penghulu

Sabtu, 8 Januari 2022 | 16:19 WIB

Vaksinasi Anak di Jepara Dimulai dari Karimunjawa

Jumat, 7 Januari 2022 | 18:52 WIB
X