Sambut HUT Kemerdekaan, Warga Kibarkan Bendera di Puncak Piramid Patiayam

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 13:16 WIB
Warga mengibarkan bendera di puncak piramid Patiayam, Rabu (11/8). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Warga mengibarkan bendera di puncak piramid Patiayam, Rabu (11/8). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Warga Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus mempunyai cara unik menyambut HUT Kemerdekaan RI. Mereka mengibarkan bendera di puncak gunung “piramid” Cangkraman Patiayam, Rabu (11/8) pagi.

Kepala Desa Terban Supeno mengatakan, gunung Cangkraman memiliki nilai sakral bagi warga Patiayam. Ketinggian gunung yang bentuknya yang menyerupai piramid itu terlihat langsung dari jalur Pantura.

“Bentuknya seperti piramid. Kanan kiri jurang. Hanya bisa dinaiki dari bagian belakang. Puncak Cangkraman juga terlihat dari Patiayam sehingga kami putuskan menjadi lokasi pengibaran bendera merah putih,” katanya.

Bendera yang dipasang berukuran 5,5 meter X 3 meter dengan ketinggian tiang sekitar 20 meter. Butuh usaha ekstra untuk mengibarkan bendera itu. Pasalnya, tiupan angin di puncak piramid Cangkraman cukup kencang.

BACA JUGA : Ssst.. Amanda Manopo Aja Pasang Twibbon HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Kamu Kok Belum. Ini Linknya!

Selain mengibarkan bendera, kata Supeno, warga bersama pejabat yang hadir juga melepas sebanyak 76 burung dan menanam 76 pohon. “Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI ini menjadi momentum untuk bersama-sama mengembalikan kondisi hutan yang sudah tandus di wilayah Terban,” katanya.

Menurutnya, proses perubahan wilayah perhutanan menjadi perhutanan sosial perlu kesadaran dari para pesanggem (petani penggarap hutan). Karena itu pada penghijauan yang dilakukan, kata Supeno, pihaknya sengaja memilih tanaman jenis buah-buahan yakni alpukat, petai, dan mangga.

“Jika tanaman keras, besar sedikit pasti sudah hilang ditebang. Penebangan pohon di Terban sejarahnya sudah sangat lama. Bahkan ada tujuh warga yang menjadi korban karena tertimpa pohon. Kami tak ingin hal itu terulang. Dengan penanaman tanaman buah harapan kami ke depan buahnya bisa menjadi penghasilan warga,” katanya.

Supeno berharap Terban dengan situs purbakala Patiyam sangat potensial dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Karena itu pihaknya membangun faslitas umum seperti musala dan kamar kecil di kaki Puncak Cangkraman.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemodal Tiongkok Minati Investasi Biogas di Kudus

Senin, 24 Januari 2022 | 06:55 WIB

Polisi Sikat Pelaku Judi Online di Kudus

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:55 WIB

Kebakaran di Pasar Kliwon, Kantor BRI Unit Kota Ludes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:23 WIB

Hanura Perintahkan Kader Hadir di Tengah Masyarakat

Kamis, 30 Desember 2021 | 17:20 WIB
X