Percepatan Vaksinasi Terkendala Stabilitas Stok Vaksin

- Senin, 9 Agustus 2021 | 08:59 WIB
Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi Polres Jepara di Polsek Welahan. Kegiatan yang juga berlangsung di seluruh Mapolsek dan Mapolres Jepara berlangsung, 5 dan 6 Agustus lalu. (suaramerdeka.com/Sukardi)
Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi Polres Jepara di Polsek Welahan. Kegiatan yang juga berlangsung di seluruh Mapolsek dan Mapolres Jepara berlangsung, 5 dan 6 Agustus lalu. (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramedeka-muria.com – Program percepatan pemberian vaksi kepada masyarakat masih belum berjalan mulus. Pasalnya, stok atau ketersedian vaksin yang belum stabil.

“Kalau tenaga kesehatan siap selalu. Hanya saja, pasokan vaksin yang belum stabil. Ini tidak hanya di Jepara, tapi juga di daerah lain,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara Muh Ali.

Pemberian vaksin kepada warga selama ini sudah dilaksanakan di rumah sakit, puskesmas, kantor Kelurahan, dan Balai Desa. Juga ada dukungan kegiatan yang dilaksanakan TNI dan Polri, yang mendapatkan alokasi vaksi dari pusat. Polres Jepara sudah melaksanakan Vaksinasi Merdeka Candi, mulai 5 Agustus, dan 6 Agustus lalu.

BACA JUGA : TPI Juwana Disulap Jadi Tempat Vaksin, Nelayan Berbondong Datang

Kegiatan dilaksanakan di Mapolres Jepara dan di Polsek polsek. Pada Senin (9/8) juga akan diadakan vaksinasi di Mapolres.

Muh Ali menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi hingga, Sabtu (7/8) untuk dosis 1 telah mencapai 17,9 persen, dan dosis 2 7,8 persen. Dari target 992.450 warga terealisasi 165.476 warga (17,9 persen). Untuk dosis 2 terealisasi 72.073 warga (7,8 persen).

Total  ada 237.549 dosis vaksin. Untuk mendapatkan vaksis dosis 2, dipersyaratkan sudah mendapatkan suntukan vaksin dosis 1.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun menambahkan, ketersediaan stok vaksin memang masih menjadi kendala percepatan vaksinasi. “Kami berharap, kasokan vaksin tersedia cukup, sehingga semakin cepat pelaksanaan vaksinasi,” ujarnya.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengingatkan warganya agar mamatuhi  protokol kesehatan, melalui kegiatan  5 M. Yakni, memakai masker, menghindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, serta mengurangi mobilitas.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Miras di Jepara Dimusnahkan

Sabtu, 23 April 2022 | 04:52 WIB

Bawaslu Jepara Dorong Keterlibatan Perempuan

Jumat, 22 April 2022 | 14:43 WIB
X