Download Aplikasi Mobile JKN, Ini Manfaatnya

- Jumat, 16 Desember 2022 | 20:43 WIB
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Agustian Fardianto pada sosialisasi program JKN-KIS dan pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN di auditorium PT Parkland World Indonesia (PWI) Jepara, Kamis (16/12/2020). (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Agustian Fardianto pada sosialisasi program JKN-KIS dan pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN di auditorium PT Parkland World Indonesia (PWI) Jepara, Kamis (16/12/2020). (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)

JEPARA, suaramerdeka-muria.com - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah merilis aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN).

Aplikasi ini memiliki banyak manfaat.

Seperti yang disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Agustian Fardianto pada sosialisasi program JKN-KIS dan pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN di auditorium PT Parkland World Indonesia (PWI) Jepara, Kamis (16/12/2020).

Ia menyampaikan program JKN-KIS merupakan program yang wajib diikuti oleh warga negara Indonesia, sebagai amanat dari konstitusi dan Undang-Undang Dasar 1945 yang memiliki fungsi proteksi atau perlindungan ketika sakit.

JKN-KiS menerapkan prinsip gotong royong, yang sehat membantu yang sakit, karena iuran yang dibayarkan tiap bulan dimanfaatkan oleh peserta yang sakit, saat membutuhkan pelayanan Kesehatan.

“Jadi dengan adanya program JKN-KIS, setiap orang berhak mendapatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas, tanpa khawatir kesulitan finansial,'' jelasnya di hadapan 60 karyawan dari perwakilan masing-masing departemen, sebagai peserta dari segmen Peserta Penerima Upah (PPU).

Baca Juga: Sambut Hari Juang Kartika, Kodim Kudus Gelar Lomba Mural

Baca Juga: 24 Calon Kades Terpilih di Jepara Dapat Pembekalan

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan sosialisasi terkait Aplikasi Mobile JKN.

Penggunaan aplikasi ini memberikan kemudahan peserta dalam mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan, secara massif. Dengan Mobile JKN tidak harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan, sekarang semuanya ada di genggaman.

''Terdapat berbagai menu dalam Aplikasi Mobile JKN yang bisa digunakan, mulai dari info program JKN, perubahan data peserta, informasi lokasi fasilitas kesehatan, ketersediaan tempat tidur di RS, konsultasi dengan dokter (teleconsultation), pendaftaran pelayanan (antrean online) di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan fasilitas kesehatan tingkat rekomendasi lanjutan (FKTRL), jadwal tindakan rencana operasi, skrining riwayat kesehatan dan fitur-fitur menarik lainnya,'' jelasnya.

Selain digunakan untuk mendapatkan pelayanan informasi dan kesehatan, dijelaskan juga manfaat tambahan lainnya dengan mengaktifkan aplikasi Mobile JKN.

Peserta JKN-KIS aktif yang dapat menunjukkan kartu KIS Digital, bisa mendapatkan promo menarik dari beberapa mitra yang sudah kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kudus.

Dalam kegiatan sosialisasi itu juga BPJS Kesehatan Cabang Kudus memberikan penghargaan kepada PT Parkland World Indonesia Jepara kategori sebagai badan usaha dengan jumlah karyawan terbanyak se-Kabupaten Jepara.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Salurkan 1.317 Ton Bantuan Pangan Beras

Sabtu, 20 Mei 2023 | 11:47 WIB
X