Sambut Hari Juang Kartika, Kodim Kudus Gelar Lomba Mural

- Kamis, 15 Desember 2022 | 09:06 WIB
Komandan Kodim Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo  menyaksikan seniman mural asal Magelang mengerjakan mural di tembok Koramil Kota Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Komandan Kodim Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo menyaksikan seniman mural asal Magelang mengerjakan mural di tembok Koramil Kota Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

Kudus,suaramerdeka-muria.comKodim 0722 Kudus menggelar lomba mural sebagai media warga mencurahkan harapannya kepada anggota TNI. Komandan Kodim Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo menuturkan, lomba mural ini digelar di tembok halaman Koramil Kota Kudus.

Yudhi menuturkan, seni mural dinilai efektif untuk menyampaikan pesan-pesan khusus. Karena itu untuk menyambut peringatan Hari Juang Kartika TNI AD, pihaknya sengaja mewadahi para seniman mural untuk mencurahkan ide gagasannya melalui lomba mural ini.

“Tentunya lewat mural ini nanti akan kami lihat pesan dan harapan apa yang disampaikan warga kepada anggota TNI. Ini tentu menjadi kewajiban kami sebagai anggota TNI untuk mewujudkannya,” katanya.

Baca Juga: Belasan Seniman Adu Kreatif di Pijar Park Mural Fest 2022, Ada yang dari Luar Jawa

Ia menambahkan, lomba mural ini juga penting untuk memfasilitasi para pegiat mural. Apalagi banyak tembok yang menjadi sasaran vandalisme. “Jika diarahkan melalui loma mural seperti ini, tembok yang kosong bisa diisi gambar yang menarik sesuai dengan tema lomba yang telah dibuat,” katanya.

Dandim didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0722/Kudus Mayor Caj Novari Prasetyo Wibowo dan Danramil 01/Kota Letda Cba Andi Agung melihat proses pengerjaan mural di halaman Koramil Kota, Rabu (14/12) sore.

Danramil 01/Kota Letda Cba Andi Agung menambahkan, total peserta yang telah mengirimkan karya berupa sketsa ada sebanyak 20 orang. Tak hanya dari Kudus, para peserta datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Dari seluruh sketsa yang masuk, juri melakukan seleksi empat nominator. Keempat tim nominator itu lah yang kemudian berhak melukis mural sesuai sketsa yang telah dikirim,” katanya.

Agung menambahkan, empat nominator yang masuk babak final ini dua tim berasal Magelang, Brebes, dan dua tim dari Kudus. “Peserta diberi waktu untuk merampungkan mural dengan ukuran sekitar 10 meter X 2 meter pada Kamis siang yang nanti hasilnya akan dinilai para juri,” katanya.

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gerakan Santri Menulis Mengasah Bakat Terpendam

Kamis, 30 Maret 2023 | 04:31 WIB

Polisi Gelar Rekonstruksi Pertikaian Warga di Dawe

Selasa, 28 Maret 2023 | 02:39 WIB

Kudus Berambisi Boyong Adipura Kencana Tahun 2025

Minggu, 26 Maret 2023 | 17:26 WIB
X