Bank Sampah di Jepara Optimalkan Pengelolaan Sampah di Tingkat Masyarakat

- Selasa, 6 Desember 2022 | 18:11 WIB
Sosialisasi rencana bisnis Bank Sampah Induk periode 2022-2025 di Gelang-Gelang Resto, Desa Langon Kecamatan Tahunan, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Septina Nafiyati)
Sosialisasi rencana bisnis Bank Sampah Induk periode 2022-2025 di Gelang-Gelang Resto, Desa Langon Kecamatan Tahunan, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Septina Nafiyati)

JEPARA, suaramerdeka-muria.com- Bank sampah memiliki peran strategis dalam pengelolaan sampah masyarat.

Bank sampah bahkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat melalui optimalisasi pengolahan sampah. 

Hal ini disampaikan pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup Herman Oktavianto.

Dengan adanya bank sampah di kawasan desa, sampah organik dan anorganik dapat terkelola dengan baik, lingkungan menjadi bersih dan dapat menambah nilai ekonomis masyarakat.

Baca Juga: Diburu Warga, STB Langka. Harganya Juga Melejit

Baca Juga: Hasil Persebaya vs Barito Putera di BRI Liga 1 : Sang Mantan Cetak Gol ke Gawang Sendiri, Bajul Ijo Comeback

''Banyak yang bisa dilakukan bank sampah. Tidak hanya sekedar memilah sampah, tapi juga turut menggerakkan perekonomian hanya dari sampah,'' bebernya dalam sosialisasi rencana bisnis Bank Sampah Induk periode 2022-2025 di Gelang-Gelang Resto, Desa Langon Kecamatan Tahunan, baru-baru ini.

Baca Juga: Pentingnya Tumbuhkan Budaya Literasi di Jepara Untuk Perangi Hoax

Sub Koordinator Kerjasama dan Pengurangan Persampahan Bapak Duddy Ika Kurniawan menjelaskan, berbagai permasalahan persampahan yang dihadapi sekarang ini antara lain adalah kurangnya kesadaran masyarakat, keterbatasan tempat pembuangan sampah, pertambahan jumlah penduduk serta perubahan gaya hidup atau komsumsi masyarakat yang tinggi.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X