Seleksi Perangkat Desa Kudus Ditunda, Ketua DPRD Usulkan Tes CAT di Satu Lokasi

- Minggu, 4 Desember 2022 | 22:25 WIB
Pemkab Kudus menggelar sosialisasi peraturan pengisian perangkat desa, Selasa (20/9). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Pemkab Kudus menggelar sosialisasi peraturan pengisian perangkat desa, Selasa (20/9). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Seleksi perangkat desa di Kabupaten Kudus ditunda dari 13 Desember 2022 menjadi 14 Februari 2023. Masih banyaknya desa yang belum menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi menjadi pemicunya.

Ketua DPRD Kudus Masan menyayangkan penundaan ini. Menurutnya, tertundanya pelaksanaan seleksi ini disebabkan lemahnya koordinasi semua pihak penyelenggara baik desa, kecamatan, OPD terkait, dan pihak perguruan tinggi.

“Perguruan tinggi yang berniat menggelar seleksi ini juga harus jujur berapa kemampuan mereka menyediakan tempat seleksi. Apalagi saat ini pesertanya membeludak,” katanya.

Baca Juga: Ansor Kudus Tuding Seleksi Perangkat Desa Diskriminatif

Masan menyarankan jika seleksi perangkat desa meniru seleksi serupa tahun 2019. Saat itu tes CAT ditempatkan di satu tempat yaitu GOR Bung Karno Kudus. “Dengan begitu pengawasan dan pemantauannya lebih mudah. Hal ini juga untuk meningkatkan kepercayaan publik,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono mengatakan, dari total 90 desa yang menggelar seleksi perangkat desa, baru 20 desa yang telah membuat kerjasama dengan perguruan tinggi.

“Sejumlah perguruan tinggi ada yang mundur begitu melihat jumlah peserta yang membeludak karena menyangkut kesiapan peralatan untuk tes CAT,” katanya.

Tahapan seleksi perangkat desa di Kudus telah dimulai dengan pendaftaran peserta sejak 5 Oktober 2022 lalu.  Total ada sebanyak 252 lowongan perangkat desa di 90 desa di Kabupaten Kudus.

Dari seleksi administrasi, ada sebanyak 4.900-an peserta yang lolos dan berhak maju ke tahap tes seleksi berbasis komputer (CAT). Pada tahap seleksi ini lah Pemdes penyelenggara seleksi perangkat desa harus menggandeng perguruan tinggi sebagai pelaksana tes seleksi.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X