Pati Keras : Klik Link Bertulis JNT, Tabungan Rp 98 Juta Langsung Raib

- Minggu, 27 November 2022 | 23:24 WIB
Tangkapan layar percakapan whatsapp. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
Tangkapan layar percakapan whatsapp. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Seorang warga Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Pati Suparman mengaku tabungannya dibobol orang lebih dari Rp 98 juta dalam waktu sekejap.

Itu setelah mengklik link yang dibagikan orang tak dikenal yang mengaku pegawai perusahaan ekspedisi melalui fasilitas obrolan (chat) whatsapp.

"Istri saya mendapatkan WA dari seseorang yang mengaku akan mengirim paket dengan menyertakan sebuah link yang tertulis JNT. Setelah link bergambar aplikasi JNT diklik, beberapa saat kemudian ada notifikasi pengambilan uang di rekening BRI. Padahal tidak sedang mengambil uang," ujarnya, Kamis (24/11) petang.

Suparman mengungkapkan, perisitiwa itu terjadi pada Kamis (24/11) sekitar jam 08.00. Awalnya, sang istri, Ana Nila Sari mendapat pesan whatsapp dari seseorang yang mengaku kurir JNT Express.

Dia menjelaskan, ada tiga pemberitahuan (notifikasi) pengambiilan uang. Pertama senilai Rp 49,9 juta, kedua Rp 40 juta, dan terakhir Rp 8,89 juta. Jarak antara notifikasi SMS BRI pertama dan kedua sekitar tujuh menit. Kemudian pemberitahuan pengambilan uang kedua dan ketiga sekitar 29 menit.

Baca Juga: Panen Apresiasi, Muria Blues Festival Digadang Jadi Even Tahunan

Baca Juga: Honda PCX Tabrak Truk Parkir di Pantura Sarang, Muda-mudi Tewas, Begini Kronologinya

"Total lebih dari Rp 98 juta yang hilang tanpa kami ambil," katanya.

Menyadari kejadian itu tidak beres, dia bersama istri melapor ke Kantor Unit BRI Margorejo. Sekaligus melakukan pemblokiran rekening tabungan.

"Saya tanya ke pihak BRI, katanya tidak terlacak. Karena (pelaku) makai virtual account. Bukan memakai rekening BRI," paparnya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X