Harap Bersabar, Pemkab Pati Baru Bisa Fasilitasi Pangkalan Truk Sementara

- Kamis, 24 November 2022 | 21:40 WIB
Lahan milik swasta untuk pangkalan truk sementara. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
Lahan milik swasta untuk pangkalan truk sementara. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyatakan, fasilitasi terhadap sopir truk besar dalam pengadaan pangkalan serius dilakukan. Dirinya menyebut, upaya itu tidak sebatas memfasilitasi penempatan lahan milik swasta untuk pangkalan truk sementara.

Hanya, sejauh ini Pemkab Pati masih belum dapat memenuhi keinginan awak truk besar untuk mendapatkan pangkalan permanan lantaran terkendala anggaran.

Menurutnya, APBD Pati belakangan ini terbebani untuk mengalokasikan dana cadangan Pemilu. Termasuk menyediakan anggaran untuk gaji dan tunjangan ribuan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) yang baru saja dilantik.

"Ini lahan milik orang lain. Nanti polanya kerja sama antara teman-teman sopir truk dengan pemilik lahan. Pemkab hanya memfasilitasi. Tidak perlu menunggu anggaran pemerintah," ujarnya saat meninjau lokasi lahan calon pangkalan truk sementara, Senin (21/11).

Henggar didampingi Kepala Dinas Perhubungan Teguh Widyatmoko dan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Riyoso dalam peninjauan tersebut. Dia mengatakan, lahan yang tepat berada di seberang Pasar Hewan Jalan Raya Pati-Kudus seluas 1,5 hektare itu merupakan milik PO Budi Jaya.

Baca Juga: Artsotika Muria Digelar di Japan, Bawa Pesan Lingkungan dan Budaya

Baca Juga: Titik Kerusakan Jalan Kudus–Purwodadi Makin Bertambah

"Lahan ini nganggur dan strategis karena di pinggir Jalur Pantura. Selain itu juga sudah dipagar keliling. Jadi sopir (truk besar) bisa meninggalkan kendaraan di sini, lalu pulang kumpul keluarga. Kendaraannya di sini Insya Allah aman. Terus nanti juga ada orang yang disuruh jaga di sini dari kalangan mereka sendiri," ungkapknya.

Agar dapat segera difungsikan sebagai pangkalan truk sementara, Henggar secara khusus meminta DPUTR untuk membantu proses pembersihan lokasi. Mengingat lahan tersebut sudah lama tidak dipergunakan sehingga banyak ditumbuhi tanaman liar.

Henggar mengemukakan, sopir truk yang tergabung dalam Paguyuban Sopir Pati (PSP) menemuinya pada awal Oktober 2022. Mereka yang kebanyakan sopir truk trailer meminta agar Pemkab Pati memfasilitasi penyediaan pangkalan truk.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Pati : Penanganan Bencana Butuh Kajian Serius

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:52 WIB

Tiga Santri Pati Lolos Porsadin Tingkat Nasional

Rabu, 30 November 2022 | 22:27 WIB

UMK Pati 2023 Direkomendasikan Naik, Jadi Rp 2,1 Juta

Rabu, 30 November 2022 | 07:50 WIB

Tiba-tiba Desa di Pati Ini Diterjang Banjir Bandang

Senin, 28 November 2022 | 10:16 WIB

HGN 2022, MTs Negeri 1 Pati Luncurkan Buku Karya Guru

Minggu, 27 November 2022 | 23:29 WIB
X