46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

- Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB
Koordinator Kampung Budaya Piji Wetan Muhammad Zaini pada sosialisasi budaya desa adaptif yang digelar Disbudpar Kabupaten Kudus, Rabu (23/11). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Koordinator Kampung Budaya Piji Wetan Muhammad Zaini pada sosialisasi budaya desa adaptif yang digelar Disbudpar Kabupaten Kudus, Rabu (23/11). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemkab Kudus melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mendorong masyarakat membentuk satgas adat istiadat sebagai bentuk penguatan dan pelestarian nilau-nilai lokal adat setempat.

Kabid Kebudayaan pada Disbudpar Kabupaten Kudus Lilik Ngesti Widyasuryani menyebutkan, dari total 123 desa di Kabupaten Kudus, sebanyak 46 desa sudah memiliki satgas adat. Salah satunya Desa Kaliputu, Kecamatan Kota yang memiliki adat istiadat tebokan.

“Pembentukan satgas adat ini bukan paksaan, tetapi muncul atas inisiatif dari desa sendiri. Jika desa membentuk, maka kami akan melakukan pendampingan lima strategi dan strategi jangka panjang untuk penguatan dan pengembangan adat istiadat,” katanya, Rabu (23/11).

Baca Juga: Menjaga Nafas Bordir Icik, Kain Warisan Budaya Khas Kudus

Untuk memberikan gambaran kepada desa, Disbudpar Kabupaten Kudus menggelar sosialisasi budaya desa adaptif sebagai langkah awal pembentukan satgas adat istiadat, Rabu (23/11).

Lilik menuturkan, lima langkah strategi yang dilakukan untuk penguatan adat yakni penguatan brand, penyusunan, penggalian kekayaan adat istiadat, pengakuan, hingga pelestarian dan pengembangan adat istiadat.

“Untuk strategi jangka panjang yakni pembentukan satgas adat di tahun pertama, tahun kedua menggelar event, dan tahun ketiga peningkatan ekonomi sebagai kontribusi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi pedesaan,” katanya.

Untuk membentuk satgas adat, kata Lilik, minimal dibutuhkan lima orang. Kelimanya berasal dari unsur pemerintah desa, budayawan di desa itu, tokoh masyarakat, dan generasi muda.

“Generasi muda ini tak boleh ditinggalkan karena mereka yang paling adaptif dengan penguasaan teknologi informasi saat ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X