Tak usah Lapor, Pengantin Baru di Jepara Langsung Dapat Kado KTP dan KK Baru

- Jumat, 18 November 2022 | 05:10 WIB
Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara  Abdul Syukur dan Kepala Kantor Kemenag Jepara Muh  Habib pada penandatangan MoU penerbitan e-KTP dan KK baru bagi pengantin baru,  di Aula Kantor Kemenag, Kamis(17/11). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara Abdul Syukur dan Kepala Kantor Kemenag Jepara Muh Habib pada penandatangan MoU penerbitan e-KTP dan KK baru bagi pengantin baru, di Aula Kantor Kemenag, Kamis(17/11). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jepara menggalang kerjasama untuk menerbitkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP Elektronik) dan Kartu Keluarga (KK) bagi pasangan yang baru menikah.

Setiap pengantin baru tidak perlu repot mengurus perubahan status perkawinan di KTP El, tetapi mereka otomatis akan mendapat KTP elektronik baru dengan status perkawinan kawin. Pasangan baru ini juga akan mendapat KK baru jika menginginkan pecah KK dengan orang tua.

Nota kerjasama ini ditandatangani Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara Abdul Syukur dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jepara Muh Habib di Aula Kantor Kemenag, Kamis (17/11).

Baca Juga: Tak Perlu Berdesakan di Disdukcapil, Membuat E-KTP di Pati Cukup di Kecamatan

Penandatanganan disaksikan jajaran pejabat Kemenag dan seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA)  se-Kabupaten Jepara, jajaran pejabat Disdukcapil, Kepala Bagian Hukum Setda Jepara, dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Jepara.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara mengatakan , kerjasama ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi warga masyarakat.

Pengantin baru tidak perlu mengajukan permohonan baik secara daring maupun luring, tetapi  KTP el dan KK baru segera kita terbitkan. Para pengantin baru cukup mengambil KTP El dan KK di kecamatan, beberapa hari setelah akad nikah.

Abdul Syukur mengungkapkan, selain layanan untuk pengantin baru, tahun ini Disdukcapil telah meluncurkan beberapa inovasi baru.

Inovasi tersebut antara lain penerbitan KTP El dan KK baru bagi pasangan yang bercerai. Inovasi yang mulai berlaku April 2022 ini, merupakan kerjasama dengan Pengadilan Agama Kabupaten Jepara.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X