Memprihatinkan, Tanggul Ketitangwetan Kembali Jebol 25 Meter

- Rabu, 16 November 2022 | 19:33 WIB
Warga desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan tampak bergotong royong memperbaiki tanggul yang jebol. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Warga desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan tampak bergotong royong memperbaiki tanggul yang jebol. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Kondisi tanggul sungai Widodaren yang mengalir melintasi Desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan kian memprihatinkan. Tanggul itu kembali jebol hingga menyebabkan banjir di desa setempat pada Sabtu (12/11).

Warga pun khawatir akan terjadi banjir lagi. Apalagi beberapa hari terakhir ini curah hujan masih cukup tinggi.

Hanya saja kondisi tanggul jebol itu belum juga ada penindakan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Warga yang resah kemudian berinisiatif melakukan perbaikan secara darurat kemarin.

Mereka tampak begotong royong agar bisa membenahi tanggul jebol tersebut. Meskipun proses itu dilakukan secara manual dan menggunakan alat seadanya. Beruntung bhabinkamtibmas desa Ketitangwetan juga tampak membantu dalam proses perbaikan tanggul sementara itu.

“Warga berupaya secara mandiri. Dengan trucuk bambu dan karung yang diisi tanah. Hal itu dilakukan agar tak terjadi banjir lagi mengingat saat ini masih sering hujan deras terutama di Pegunungan Kendeng,” terang Ali Muntoha kemarin.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Piala Dunia Berubah!! Berikut Ini Jadwal Lengkap Berdasarkan Hari

Baca Juga: Enam UMKM Rembang Ikut Ramaikan KTT G20 Bali, Ini Daftar Produknya

Apalagi tanggul yang jebol cukup panjang. Yakni mencapai 25 meter. Sehingga perbaikan secara permanen dinilai sangat mendesak dilakukan.

“Padahal saat ini baru awal musim penghujan. Kalau tidak segera ditangani tentu akan berdampak banjir susulan,” ujarnya.

Banjir sendiri tentunya dikeluhkan oleh warga setempat. Selain menganggu aktivitas warga, banjir juga mengancam perekonomian warga. Diantaranya yakni tergenangnya lahan sawah milik warga desa.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X