Teguhkan Cinta Tanah Air, Merah Putih Sepanjang 2.000 Meter Dikirab Keliling Kota Pati

- Selasa, 15 November 2022 | 08:59 WIB
Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih digelar di Kabupaten Pati, Sabtu (12/11). (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih digelar di Kabupaten Pati, Sabtu (12/11). (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)


PATI, suaramerdeka-muria.com - Bendera sepanjang 2.000 meter dibentangkan dan dikirab ribuan unsur masyarakat keliling pusat kota Pati, Sabtu (12/11). Selain itu, juga dikibarkan 1.100 bendera merah putih.

Kegiatan bertajuk Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih itu diprakarsai Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pati. Selain anggota polisi dan TNI, apel dan kirab juga melibatkan ormas keagamaan, santri, pelajar, perguruan silat, dan berbagai unsur masyarakat lain. Jajaran Forkopimda juga hadir dalam kegiatan yang berlangsung di Alun-Alun Simpanglima Pati.

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro memimpin Apel Kebangsaan bertema "Merajut Kebhinekaan dalam Bingkai NKRI". Selanjutnya bersama Plt Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing, Ketua DPRD Ali Badrudin serta jajaran Forkopimda melepas peserta kirab yang membawa bendera merah putih panjang.

Pj Bupati menyatakan, kegiatan tersebut merupakan wahana untuk semakin mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Itu menjadi modal penting untuk memajukan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Tantangan yang kita hadapi saat ini lebih berat sehingga harus dihadapi bersama-sama oleh seluruh elemen bangsa. Mudah-mudahan dengan rasa persatuan, kita semakin bersinergi dalam mempertahankan NKRI," ujarnya.

Baca Juga: Pesantren Balekambang Helat Halaqah Fiqih Peradaban

Baca Juga: KPU Buka Lowongan Anggota PPK dan PPS, Begini Cara Daftar Via Aplikasi

Baca Juga: MA Al Hidayat Lasem Rembang Menggelar Latsar Kepemimpinan Empat Hari

Lebih lanjut dia menjelaskan, Indonesia terdiri atas bangsa yang majemuk. Karena itu, kegiatan berwawasan kebangsaan dalam merawat kebhinekaan harus terus dilakukan. Apel dan ikrar kebangsaan, menurutnya salah satu peneguhan prinsip cinta tanah air, sekaligus mewariskan nilai-nilai nasionalisme kepada generasi muda.

"Merah Putih sebagai lambang negara, Merah Putih lambang harga diri. Sebagai warga yang cinta tanah air kita tidak boleh terpecah belah. Karena kemerdekaan ini diraih dengan perjuangan," tandasnya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X