KPU Buka Lowongan Anggota PPK dan PPS, Begini Cara Daftar Via Aplikasi

- Senin, 14 November 2022 | 21:30 WIB
Ketua KPU Kabupaten Kudus Naily Syarifah menunjukkan aplikasi SIAPBA untuk pendaftaran anggota PPK-PPS, Senin (14/11). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Ketua KPU Kabupaten Kudus Naily Syarifah menunjukkan aplikasi SIAPBA untuk pendaftaran anggota PPK-PPS, Senin (14/11). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus membuka lowongan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Kudus Naily Syarifah mengatakan, penjaringan anggota PPK dan PPS akan dilakukan via online melalui aplikasi resmi KPU SIAKBA.

Naily mengatakan, aplikasi sistem informasi anggota KPU dan Badan Ad Hoc telah dilucurkan KPU RI. Nantinya jika pendaftaran anggota PPK-PPS dibuka, warga bisa mendaftar melalui aplikasi SIAKBA.

Baca Juga: Bawaslu Temukan Ada Kades di Kudus Masuk Data Anggota Parpol, KPU : Sah Jika KTP Tidak Menyebutkan

“Penggunaan aplikasi SIAKBA akan memangkas tahapan waktu pendaftaran. Pendaftar tidak perlu datang secara fisik ke kantor KPU, tinggal memasukkan semua berkas persyaratan melalui aplikasi tersebut,” katanya.

Naily menambahkan, pendaftaran anggota PPK rencananya akan dibuka 20 November mendatang. Perubahan mekanisme pendaftaran via online ini disosialisasikan KPU, Senin (14/11). KPU mengundang perwakilan organisasi masyarakat untuk menginformasikan perubahan mekanisme pendaftaran ini.

“Untuk persyaratan masih sama  antara lain usia minimal 17 tahun dan tidak pernah menjadi anggota Parpol minimal lima tahun terakhir,” katanya.

Naily mengatakan, KPU akan menyeleksi pendaftar yang telah memasukkan berkas ke aplikasi tersebut. Mereka yang berkasnya lengkap akan diundang mengikuti tes CAT.

“Tes tahap terakhir wawancara. Pendaftar yang lolos tes CAT akan kami undang untuk tahap akhir ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X