Hasil Napak Tilas, Polres Pati Ditetapkan Lahir 5 Juli 1947

- Kamis, 10 November 2022 | 08:08 WIB
Plt Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing saat memberikan penghargaan kepada tim pencari fakta sejarah berdirinya Polres Pati kemarin. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Plt Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing saat memberikan penghargaan kepada tim pencari fakta sejarah berdirinya Polres Pati kemarin. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Jajaran Polresta Pati membentuk tim pencari fakta sejarah berdirinya Polres Pati beserta para pemimpinnya dahulu. Dari hasil itu akhirnya ditetapkan jika pada Sabtu Pon, 5 Juli tahun 1947 diperingati sebagai hari lahir Polres Pati dimana pejabat pertamanya adalah AKBP R. Agil Koesoemodijo.

Penelurusan itu mulai dilakukan dengan berbekal surat perintah Kapolres Pati tertanggal 6 Juni. Tim pencari fakta kemudian bergerak menelusuri beberapa sumber sejarah dan sesepuh Polri.

“Tim mulai dengan menemui para sesepuh seperti AKBP (purn) Soekarno Lilik, juru kunci TMP Giri Dharma Pati, rumah AKBP R Agil Koesoemodijo, Tugu R. Agil Koesoemodijo yang terletak di Randublatung, Blora,”terang Plt Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing.

Tak hanya itu tim juga mengunjungi rumah AKP (purn) Syiful, Randukuning, Briptu (purn) Narto, istri (Alm) AKBP Soedartono, cucu AKBP R. Agil Koesoemodijo dari Museum Polri.

“Dari hasil penelusuran dan melalui wawancara dengan sumber sejarah dan mengunjungi makam dan situs yang merupakan saksi bisu kejadian kala itu, diperolehlah beberapa rangkaian perjalanan fakta sejarah,”terangnya.

Baca Juga: Video Viral di Rembang : Pemilik Panik Bukan Main, Motor Kesayangan Terbakar di Jalan, Begini Akhirnya

Baca Juga: TMMD di Jepara Resmi Ditutup, Ini Pesan Inspektorat Kodam IV Diponegoro

Baca Juga: Tandatangan Presiden Jokowi Bikin Thailand, Vietnam dan Malaysia Ketar ketir di Piala AFF 2022 : Ada Apa?

Di antara yang diketemukan yakni tanggal 1 Juli 1946 menjadi momentum awal penetapan Angkatan Kepolisian secara serentak yang hingga saat ini diperingati sebagai Hari Bhayangkara.

Kemudian pada tanggal 10 Juli 1947 dibentuklah kepolisian provinsi yang membawahi kepolisian karesidenan, kepolisian wilayah dan kepolisian sub wilayah.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X