Gerhana Bulan : Di Pati, Pelajar Gelar Nobar Sekaligus Bahan Penambah Wawasan

- Rabu, 9 November 2022 | 21:21 WIB
Sejumlah siswa MA Salafiyah Kajen saat mencoba mengintip gerhana bulan total (GBT) pada Selasa (8/11). (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Sejumlah siswa MA Salafiyah Kajen saat mencoba mengintip gerhana bulan total (GBT) pada Selasa (8/11). (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Momen gerhana bulan yang terjadi pada Selasa (8/11) kemarin turut ditangkap oleh Lajnah Falakiyah Salafiyah Kajen.

Mereka menggelar nonton bareng sekaligus salat gerhana bulan total berjamaah.

Langkah itu juga dilakukan sebagai bentuk pembelajaran wawasan serta syiar ke para santri maupun masyarakat umum.

Kegiatan itu mulai dilakukan pada Selasa (8/11) petang kemarin. Tampak siswa Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kajen, santri maupun sejumlah masyarakat umum antusias datang ke gedung Salafiyah Kajen.

Sejumlah santri dan siswa itupun tampak tertarik untuk mencoba fenomena yang jarang terjadi itu dari teleskop dan theodolite dari lantai tiga gedung Salafiyah Kajen. Apalagi sebelumnya tim Lajnah Falakiyah Salafiyah telah memberikan penjelasan singkat tentang fenomena alam Gerhana Bulan Total (GBT) tersebut.

Meskipun kondisi langit sempat berawan yang menyebabkan Bulan tertutup, namun setelah fase puncak gerhana menuju akhir total, gerhana bulan total itu dapat teramati dengan kasat mata.

Memasuki fase akhir total, para peserta kemudian diarahkan menuju musala MA Salafiyah untuk mengikuti salat gerhana berjamaah dengan imam dan khatib oleh K.H. Yasin Rohmad.

Baca Juga: Siswa SMK Cordova Pati Pamerkan Aplikasi hingga Game Karya Siswa

Baca Juga: Video Viral di Rembang : Pemilik Panik Bukan Main, Motor Kesayangan Terbakar di Jalan, Begini Akhirnya

Baca Juga: Enam Orang Terseret Arus Sungai Semelik Jepara, Satu Meninggal Dunia : Begini Kronologinya

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X