Kudus Buka Pendaftaran 411 Formasi PPPK untuk Guru, Ini Syaratnya

- Sabtu, 5 November 2022 | 05:55 WIB
Kepala BKPP Kabupaten Kudus Putut Winarno. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Kepala BKPP Kabupaten Kudus Putut Winarno. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali membuka pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional guru. Setidaknya ada 411 formasi yang dibuka dalam pengadaan kali ini.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Putut Winarno mengatakan, proses pendaftaran dalam pengadaan itu dibuka sejak Senin (31/10) hingga Minggu (13/11) mendatang.

Setelah pendaftaran akan dilanjutkan seleksi administrasi hingga Selasa (15/11) dan pengumuman hasil seleksinya pada Rabu (16/11) hingga Kamis (17/11).

Baca Juga: Pemkab Jepara Buka 550 Formasi Guru PPPK, Tak Sembarang Bisa Melamar, Cek Syaratnya

“Kali ini bentuknya pengadaan bukan seleksi. Untuk formasinya baru guru. Yakni yang tersebar di sejumlah sekolah dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kudus. Sementara tenaga tekhnis dan kesehatan kami masih menunggu petunjuk dari Menpan-RB,”ujarnya.

Dalam edaran pengumuman pengadaan PPPK itu sendiri tertuliskan jika ada syarat khusus. Dimana pelamar PPPK berasal dari pelamar prioritas pertama. Yakni eks tenaga honorer K II, guru non ASN, lulusan PPG, serta guru swasta.

Dimana kesemuanya harus memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK jabatan guru tahun 2021 kemarin.

Sementara untuk syarat umum ada sejumlah hal. Diantaranya Seperti harus warga negara Indonesia, berusia minimal 20 tahun dan paling tinggi 59 tahun, tidak pernah dipidana penjara, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik ataupun terlibat politik praktis, serta sejumlah persyaratan lainnya.

“Harapannya dengan pengadaan ini bisa mencukupi kekurangan tenaga guru yang ada. Karena data terakhir untuk kekurangan guru saat ini mencapai sekitar 350 formasi. Belum ditambah jumlah guru yang pensiun di waktu mendatang,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X