Ratusan Buruh Rokok di Kudus Dibekali Ketrampilan

- Kamis, 3 November 2022 | 20:41 WIB
Sejumlah pekerja pabrik rokok saat mengikuti pelatihan di kantor FSP RTMM Kabupaten Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Sejumlah pekerja pabrik rokok saat mengikuti pelatihan di kantor FSP RTMM Kabupaten Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Ratusan buruh dan keluarga buruh rokok di Kudus dibekali dengan berbagai ketrampilan. Langkah itu dilakukan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan pekerja pabrik rokok.

Bambang Sugianto, Sekretaris Federasi Serikat Pekerja (FSP) Rokok Tembakau Makanan Minuman (RTMM) Kabupaten Kudus mengatakan, pihaknya memang telah bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk memberikan pelatihan terhadap para pekerja rokok.

“Total ada 16 kelas yang telah kami siapkan. Mulai dari ketrampilan tata boga, menjahit, jajan kering, kue kering, makeup artis (MUA) hingga setir mobil,” tambahnya.

Baca Juga: Dukung Program 30.000 UMKM Go Digital, Rumah BUMN Rembang Gelar Pelatihan Digital Marketing

Menurutnya pelatihan tersebut merupakan komitmen dalam memberikan bekal bagi para pekerja buruh rokok. Sehingga waktu sela bisa diisi pengembangan diri dengan harapan dapat memberikan tambahan penghasilan.

“Setidaknya waktu pagi hari tetap bisa bekerja di pabrik rokok sedangkan siangnya bisa diisi dengan pelatihan ketrampilan ini,” ujarnya.

Diapun melihat para pekerja pabrik rokok begitu antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Terlihat dari jumlah pekerjanya begitu membludak. Sekarang ini total ada sekitar 400an pekerja dan keluarganya yang telah mengikuti pelatihan.

“Sesuai dengan peraturan menteri keuangan (PMK) memang diperbolehkan selain untuk pekerja juga boleh untuk keluarganya. Sebenarnya ingin lebih banyak pesertanya namun memang karena keterbatasan kelas. Sehingga kami arahkan untuk mendaftar di tahun depan,”tambahnya.

Sementara itu Putri Indah Lestari, salah satu pekerja pabrik rokok mengatakan tertarik mengikuti pelatihan makeup artis. Dia ingin mengembangkan hobinya sehingga bisa menjadi ketrampilan tersendiri.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X