Momen Sumpah Pemuda, Warga Lintas-agama Sisir Sungai Juwana

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 21:59 WIB
Sampah banyak ditemui di alur dan jembatan Sungai Juwana. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
Sampah banyak ditemui di alur dan jembatan Sungai Juwana. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Sumpah Pemuda tak hanya diperingati melalui kegiatan seremonial.

Masyarakat, terutama pemuda lintasagama, suku, ras, dan golongan di Pati turun melakukan aksi untuk kemaslahatan bersama.

Itu terwujud dalam pembersihan sampah di Sungai Juwana, Sabtu (30/10). Puluhan pemuda, pegiat lingkungan, dan tokoh agama turun dalam aksi yang berlangsung di alur Sungai Juwana turut Desa Purworejo, Kecamatan Pati Kota dan Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan.

Aksi pungut sampah dirangkai dengan pelatihan membuat eco enzyme, pelatihan membuat asam humat berbahan baku enceng gondok, dan panggung ekspresi lintas batas. Kegiatan tersebut melibatkan elemen lintasagama.

Mereka yakni, perseketuan gereja-gereja yang diwadahi Badan Musyawarah Antargereja (Bamag) Pati, Ansor-Banser Pati, Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampi Sawan), dan kelompok pecinta alam Wanameru.

Selain itu, terlibat pula Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Sekolah Tinggi Agama Kristen Wiyata Wacana (STAKWW) Pati, Eco Enzyme Nusantara Kabupaten Pati, dan Eco Enzyme Nasional Kabupaten Pati.

Baca Juga: Anggap Progam Koin NU Sebagai Pengemis, Kepala Dusun di Pati Nyaris Dipolisikan

Baca Juga: Polisi Jepara Tangkap Pelaku Pembunuhan & Pembuangan Mayat Terbungkus Tas Laundry: Siapa Dia dan Apa Motifnya?

Baca Juga: Di Ponpes Kauman Lasem, Kapolri Disambut Santri dengan Hadrah dan Ya Lal Wathon

Selain membersihkan sampah dan enceng gondok di pinggir sungai, mereka juga menyisir bagian tengah menggunakan perahu motor. Termasuk membersihkan sampah yang dibuang sembarangan di Jembatan Sampang.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X