Kirab Ribuan Siswa Meriahkan HSN dan Milad MTsN 1 Jepara

- Senin, 24 Oktober 2022 | 08:37 WIB
Para siswa  ikut memeriahkan bazar  dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 dan Peringatan ke-42 Hari Lahir MTsN 1 Jepara di Madrasah, Sabtu(22/10). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Para siswa ikut memeriahkan bazar dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 dan Peringatan ke-42 Hari Lahir MTsN 1 Jepara di Madrasah, Sabtu(22/10). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - MTsN 1 Jepara rayakan Hari Santri Nasional (HSN) bebarengan dengan peringatan milad (hari lahir) Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jepara (Matsantura) yang ke-42.

Acara dengan tema “Mengembangkan Inovator Kreatif Masa Depan” ini mampu menarik perhatian dan antuasiasme seluruh warga MTsN 1 Jepara dan wali murid MTsN 1 Jepara.

Meski dengan persiapan yang sangat singkat, namun tidak menyurutkan semangat guru, karyawan, terutamanya  siswa-siswi dalam memeriahkan Hari Santri Nasional dan Milad ke-42.

Baca Juga: Hartopo Minta Santri jadi Pelopor Toleransi

Rangkaian acara dilaksanakan selama dua hari, dimulai Jumat (21/10) dengan apel pembukaan disertai simbol pelepasan balon oleh Kepala Madrasah.

Kemudian lomba karya islami di antaranya lomba dance islami untuk kelas 7, lomba baca puisi untuk kelas 8, lomba menyanyi lagu religi untuk kelas 9, dan lomba peragaan busana untuk seluruh siswa-siswi kelas 7, 8, 9. 

Selain itu, adanya bazar yang diadakan untuk siswa-siswi ini menambah kemeriahan acara di hari pertama.

“Saya harap bazar yang ditujukan untuk siswa-siswi ini mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri peserta didik," katanya.

Ia menambahkan, bazar itu tak sekedar berjualan, namun mereka harus memutar otak untuk memikirkan nama stand mereka, makanan atau minuman bahkan barang yang akan dijual.

"Siswa juga harus menghitung harga yang ditawarkan untuk dagangan mereka. Mereka harus bisa mengalkulasi antara barang yang dibeli dengan dijual, apakah mendapatkan laba atau tidak,” jelas Ketua Panitia H Nor Faiq.

Acara tak sampai hanya di lomba Islami untuk siswa-siswi dan bazar, pukul 13.30 dilanjutkan doa bersama dan khataman Al-Qur’an. Acara ini dihadiri oleh komite, kepala madrasah, guru, karyawan, ustad/ustadah asrama boarding dan pondok.

Pada acara doa dan khataman, seluruh yang hadir terlihat sangat khidmat. Terlebih ketika Shalawat Nabi disenandungkan dengan sangat indah oleh H Murwat yang kemudian diikuti oleh seluruh civitas akademika MTsN 1 Jepara.

Pada Puncak acara HSN dan Milad MTsN 1 Jepara ke-42, Sabtu (22/10), dimulai upacara Hari Santri Nasional yang bertempat di halaman MTsN 1 Jepara, kemudian dilanjutkan dengan kirab.

Kirab ini diikuti oleh seluruh warga MTsN 1 Jepara, termasuk ustaz dan ustazah asrama.  Kirab kali ini, setiap kelas dibebaskan untuk membuat tema sendiri sesuai dengan kreatifitas mereka.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hujan Deras, Jalan di Desa Damarwulan Longsor

Selasa, 7 Februari 2023 | 21:35 WIB
X