Di Rembang Masih Ada Warga Ngeyel Beli Obat Sirup, Apotek Umumkan Daftar Produk Aman

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 17:50 WIB
Sejumlah masyarakat masih banyak yang ngeyel membeli obat sirup atau cair di kawasan Rembang bagian timur. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)
Sejumlah masyarakat masih banyak yang ngeyel membeli obat sirup atau cair di kawasan Rembang bagian timur. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com – Sejumlah masyarakat di Kabupaten Rembang timur perbatasan dengan Kabupaten Tuban masih ngeyel dan nekat membeli obat sirup paracetamol untuk batuk dan pilek.

Mereka memutuskan tetap membeli ibat sirup meski ramai kabar adanya gangguan yang bisa menyebabkan gagal ginjal akut pada anak.

Mereka bersikukuh sudah terbiasa menggunakan obat sirup atau cair untuk meredakan sakit yang diderita keluarga atau anaknya.

Atas situasi tersebut, pihak apotek akhirnya luluh dan melayani pembeli yang memaksa untuk membeli obat sirup atau cair.

Meski sudah diedukasi, para pembeli tersebut tetap nekat membeli obat sirup atau cair.

Pemilik Apotek Alfarma Kecamatan Sale, Wiwin mengungkapkan, sejatinya sebagaimana edaran obat sirup sudah tidak dijual sejak 19 Oktober 2022.

“Pembeli sebenarnya sudah kami edukasi soal edaran dari pemerintah. Namun mereka bersikukuh untuk membelinya, akhirnya kami layani. Sebenarnya obat sirup sudah tidak kami jual sejak 19 Oktober 2022,” terangnya.

Apotek lainnya, mengaku hingga Kamis 20 Oktober 2022 masih menjual obat sirup atau cair merek tertentu.

Obat cair yang masih dijual adalah merek tertentu setelah produsennya mengirimkan rekomendasi kepada pengelola apotek.

Baca Juga: Pemkab Jepara Siapkan Empat Rumah Sakit Rujukan Gangguan Ginjal Akut

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X