Banyak Reklame ‘Bodong’ di Kudus, Ini Langkah Petugas Buat Malu Pemiliknya

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 20:58 WIB
Petugas menempeli stiker reklame yang tidak berizin, Kamis (20/10). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Petugas menempeli stiker reklame yang tidak berizin, Kamis (20/10). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Banyak cara ditempuh petugas menertibkan wajib pajak yang tak patuh. Petugas BPPKAD menempeli reklame "bodong" tak berizin dengan stiker bertulis "objek pajak belum luas pajak".

Langkah ini diharapkan membuat malu pemilik, sehingga segera menunaikan kewajibannya untuk membayar pajaknya.

Kabid Pendapatan, Famny Dwi Arfana mengatakan, kegiatan penertiban ini berdasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pajak Reklame. Famny yang juga penanggung jawab tim operasi yustisi mengatakan, penertiban dilakukan di sepanjang Jl. Sunan Kudus, Kamis (20/10) pagi.

Baca Juga: Sambut Hari Jadi, Pemkab Kudus Perpanjang Program Pemutihan Denda PBB-P2

“Kami melaksanakan operasi yustisi penertiban reklame yang tidak berizin dan tidak membayar pajak sesuai ketentuan perda. Hal ini dilakukan untuk menertibkan wajib pajak agar memiliki kesadaran akan kewajibannya," katanya.

Ia menambahkan, reklame dan sejenisnya yang bertujuan untuk memperkenalkan atau mempromosikan secara komersial wajib dikenakan pajak dalam upaya peningkatan pendapatan asli daerah.

"Pajak reklame itu luas, bisa berupa baliho ataupun spanduk dan sejenisnya yang fungsinya memperkenalkan atau mempromosikan secara komersial. Itu semua wajib dikenakan pajak sehingga dapat mendorong peningkatan PAD Kudus," terangnya.

Famny berharap dengan kesadaran masyarakat akan kewajibannya untuk membayar pajak media promosi, ke depannya akan terjadi peningkatan pendapatan daerah yang nantinya akan kembali dirasakan oleh seluruh masyarakat dalam hal pembangunan di Kabupaten Kudus.

"Harapan kami, ketika masyarakat taat membayar pajak maka akan berpengaruh pada peningkatan PAD. Hal tersebut memiliki feedback atau imbal balik pada pembangunan Kudus yang meningkat dan pelayanan publik lebih baik serta dapat dirasakan seluruh masyarakat,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X