Dinkes Pati Pastikan Belum Muncul Gagal Ginjal Misterius

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 06:58 WIB
Masyarakat diminta untuk tidak mengkonsumsi obat sirup/cairan. Karena diduga mengandung zat penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak (Pixabay)
Masyarakat diminta untuk tidak mengkonsumsi obat sirup/cairan. Karena diduga mengandung zat penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak (Pixabay)

PATI,suaramerdeka-muria.com – Beberapa saat terakhir ini masyarakat tengah digemparkan dengan munculnya penyakit baru yakni gagal ginjal misterius. Kasus itu cukup dikhawatirkan apalagi menyerang pada anak-anak.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dokter Aviani Tritanti Venusia mengatakan hingga saat belum muncul di Pati. Pihaknya menyebut sampai dengan saat ini belum mendapatkan laporan terkait kasus tersebut.

“Belum ada laporan,” katanya.

Baca Juga: Pasangan Ingin Program Bayi Tabung, Begini Caranya

Dikatakannya, lantaran masih menjadi kasus yang misterius dia mengatakan penyebabnya pun belum diketahui secara pasti. Sehingga terkait penyakit itu memang belum mampu diketahui secara pasti.

“Untuk cara menghindarinya memang memang belum bisa dipastikan juga. Namun secara umum, anak-anak harus dijaga asupa makanannya. Sehingga ketahanan tubuhnya juga bisa lebih baik,”tambahnya.

Diapun menambahkan, jika pada anak-anak terdapat gejala tertentu seperti demam, muntah, diare yang kemudian diikuti dengan tidak ada air seni atau misalnya jarang buang air kecil diharapkan dapat segera diperiksakan.

“Kalau ada tanda seperti itu segera dibawa ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat,”tambahnya.

Seperti diketahui sejumlah orang tua saat ini mengaku khawatir lantaran penyakit tersebut. Khususnya yang memiliki anak kecil. Pasalnya gagal ginjal akut misterius itu disebut-sebut banyak menyerang anak dibawah lima tahun.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Bupati Pati Minta OPD Tak Hindari Aduan Masyarakat

Kamis, 12 Januari 2023 | 07:03 WIB
X