Bupati Hartopo : Pelayanan Publik Jangan Monoton, Inovasi Harus Jadi Budaya

- Kamis, 13 Oktober 2022 | 06:49 WIB
Bupati Kudus HM Hartopo pada pembukaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), Rabu (12/10). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Bupati Kudus HM Hartopo pada pembukaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), Rabu (12/10). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Inovasi dan Kreativitas harus menjadi budaya baru pelayanan publik di lingkungan pemerintahan. Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, inovasi dan kreativitas itu perlu untuk mempercepat, mempermudah, sekaligus memangkas panjangnya birokrasi administrasi untuk pelayanan masyarakat.

Hal itu disampaikan Hartopo saat membuka kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) yang digelar Bagian Organisasi Kepegawaian Setda Kudus, Rabu (12/10).

“Pada prinsipnya pelayanan itu tidak semata untuk masyarakat, tetapi justru untuk kepentingan sendiri. Jika itu dilakukan, maka reformasi birokasi internal OPD (organisasi perangkat derah – Red) benar-benar terwujud dengan inovasi dan kreatifitas ini,” katanya.

Baca Juga: Inovasi Pelayanan Pemerintah Tak Sebatas Buat Aplikasi

Ia tak ingin kompetisi ini hanya menjadi momentum setiap OPD untuk mencari penghargaan, hadiah, atau reward saja. Lebih dari itu, kompetisi ini harus mampu menjadikan pelayanan publik secara riil menjadi lebih baik.

Hartopo mengatakan, semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Kudus, dituntut untuk bisa melahirkan inovasi layanan publik di era tekonologi informasi.

Inovasi itu diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Inovasi dan kreativitas harus menjadi budaya baru di Kudus. Dengan begitu masyarakat bisa terlayani dengan baik dan kualitas layanan publik juga terus meningkat,” katanya.

Dengan selalu berinovasi, tentunya pegawai dalam bekerja melaksanakan tugasnya tidak monoton. Sebab selalu muncul kreativitas dan gagasan baru.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X