Sempat Didemo Warga, Satpol PP Kudus Segel Mesin Usaha Pengering Jagung

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:06 WIB
Petugas Satpol PP Kabupaten Kudus menyegel mesin pengering jagung milik CV RPM di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Selasa (4/10). (suaramerdeka-muria.com/dok)
Petugas Satpol PP Kabupaten Kudus menyegel mesin pengering jagung milik CV RPM di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Selasa (4/10). (suaramerdeka-muria.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Setelah sempat didemo warga, Satpol PP Kabupaten Kudus akhirnya menyegel mesin usaha pengering jagung milik CV Rajawali Putri Muria (RPM) di pinggir jalur Pantura Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Pihak Satpol PP menilai pemilik usaha mengabaikan surat peringatan yang dilayangkan sebelumnya. Surat peringatan itu dikirim berdasarkan keluhan warga yang menduga kegiatan usaha pengeringan atau penggilingan jagung di tempat itu menyebabkan suara bising.

Tak hanya itu, debu ari jagung yang masuk ke rumah warga juga dinilai mengganggu.

Baca Juga: Jadi Korban Arisan Bodong, Sejumlah Biduan di Kudus Lapor Polisi

Kepala Satpol PP Kabupaten Kudus Kholid Seif mengatakan, CV RPM juga dinilai telah melakukan alih fungsi gudang jagung menjadi industri penggilingan atau pengeringan jagung, sehingga menyebabkan suara bising dan ari debu jagung masuk ke rumah warga.

“Usaha itu juga belum memiliki izin lingkungan dan NIB kegiatan industri sehingga kami melakukan penyegelan mesin di pabrik tersebut,” katanya, Rabu (5/10).

Sebelumnya, sekelompok warga menggelar aksi unjuk rasa di depan pabrik, Senin lalu. Aksi itu sempat membuat arus kendaraan di Jalur Pantura Desa Tenggeles tersendat.

Nurwito, salah seorang pengunjuk rasa menuding pulusi debu dan suara dari pabrik itu mengganggu warga sekitar. Ia mengatakan, anaknya sempat sakit karena setiap hari menghirup udara dari pabrik tersebut.

 

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X