Mengenal Sosok Subchan ZE yang Dijadikan Nama Jalan di Kudus, Dianggap Berperan Menentang PKI

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:20 WIB
Ruas Jalan HM Subchan ZE di Kabupaten Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Ruas Jalan HM Subchan ZE di Kabupaten Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Bagi masyarakat Kudus nama HM Subchan ZE tentu sudah tak asing lagi. Setidaknya nama itu dikenal sebagai salah satu nama jalan utama di Kudus.

Jalan itu ada di sekitar Desa Purwosari, atau tepatnya dari depan Dinas Perhubungan hingga perempatan Jember. Di depan persimpangan jalan terdapat sebuah tiang berwarna biru yang bertuliskan jalan HM Subchan ZE.

Pemberian nama pada jalan itu rupanya bukan sembarangan. Sosok Subchan ZE dinilai merupakan tokoh besar dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Baca Juga: Samin Surosentiko Diusulkan Pahlawan, Begini Tanggapan Gunretno

Tsabit Azinar Ahmad, seorang dosen sejarah Universitas Negeri Semarang kepada awak media mengatakan, Subchan diketahui lahir di Malang Selatan pada 22 Mei 1931 namun tumbuh di lingkungan santri di Kabupaten Kudus.

Ayahnya diketahui bernama Rochlan Ismail, seorang mubaligh, pedagang dan penguruh Muhammadiyah di Malang. Namun sewaktu kecil, Subchan diangkat anak oleh pamannya yakni Zaenuri Echsan. Seorang pengusaha rokok kretek asal Kudus.

Sosok Subchan sendiri kemudian menjadi tokoh nasional. Dia bahkan kemudian menjadi salah satu pengurus Partai NU sekitar di tahun 1950an.

Tak hanya di bidang politik, Tsabit menjelaskan jika Subchan pula yang menjadi salah satu tokoh yang meminta pembubaran PKI pasca kejadian pada tahun 1965.

“Dia waktu itu menjadi salah satu komponen yang perannya besar untuk menghancurkan PKI pasca kejadian1965, karena dia waktu juga salah satu yang menggerakkan Banser, karena dia merupakan tokoh juga dari Partai NU,” ujar Tsabit.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X