Penyuluh Pertanian Ditantang Buat Inovasi dalam Pengentasan Kemiskinan

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:13 WIB
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menutup Pelatihan Teknis Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Penyuluh Pertanian Kabupaten Jepara Tahun 2022 di Gedung Shima, Kompleks Sekretariat Daerah, Jum'at (30/9). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menutup Pelatihan Teknis Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Penyuluh Pertanian Kabupaten Jepara Tahun 2022 di Gedung Shima, Kompleks Sekretariat Daerah, Jum'at (30/9). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Ditunggu, aksi dan inovasi penyuluh pertanian dalam upaya pengentasan kemiskinan. ‘’Masyarakat utamanya para petani, sangat menantikan inovasi dari para penyuluh pertanian yang telah mengikuti Pelatihan Teknis Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Penyuluh Pertanian Kabupaten Jepara tahun 2022,’’ ujar Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta pada Upacara Penutupan Pelatihan di Gedung Shima, Jum'at (30/9).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara Ony Sulistijawan, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara Ratib Zaini.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta memaparkan,  tantangan yang akan kita hadapi ke depan akan semakin berat dalam pembangunan sektor pertanian. Permasalahan penurunan tingkat produksi, berkurangnya luas tanam, hingga minimnya minat  generasi muda untuk terjun menjadi SDM petani.

Baca Juga: 40 Penyuluh Pertanian Ikut Pelatihan Peningkatan Kapasitas

"Saya menunggu inovasi dan sinergi dari anda semua agar tercipta peningkatan produksi dan produktivitas pertanian di Kabupaten Jepara," tegas Edy saat menutup kegiatan.

Dikatakan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat  pada 2021 total produksi padi di Kabupaten Jepara sebanyak 251,52 ribu ton. Namun, terjadi penurunan pasa luas tanam yang semula 53,69 ribu hektar di tahun 2020 menjadi 44,51 ribu hektar di tahun 2021. 

"Berbagai potensi yang ada perlu kita tingkatkan secara berkesinambungan guna terwujudnya kemandirian dan ketahanan pangan," ucapnya.

Edy menambahkan, selain padi dari beberapa jenis tanaman pangan. Ubi kayu memiliki hasil produksi terbanyak di Kabupaten Jepara yakni 249,77 ribu ton, jagung 68,29 ribu ton, dan kacang tanah sebesar 12,29 ribu ton.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKD Kabupaten Jepara Ony Sulistijawan melaporkan, peserta pelatihan diikuti oleh sekitar 40 tenaga penyuluh pertanian di Kabupaten Jepara yang dilaksanakan dari 14 - 30 September 2022 di Aula BKD Kabupaten Jepara.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jepara Usulkan UMK 2023 Rp 2.272.626,63

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:37 WIB
X