Hidup Sendiri Sepeninggal Orang Tua, Nova Penyandang Disabilitas Jadi Perhatian PWI Pati

- Kamis, 29 September 2022 | 07:42 WIB
Ketua PWI Pati Moch Noor Efendi bersama sejumlah anggotanya saat berkunjung ke kediaman Nova Carvathya Putra di Desa Gabus, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Ketua PWI Pati Moch Noor Efendi bersama sejumlah anggotanya saat berkunjung ke kediaman Nova Carvathya Putra di Desa Gabus, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI,suaramerdeka-muria.com – Sosok Nova Carvathya Putra menjadi perhatian bagi awak media yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati. Penyandang disabilitas itu baru saja ditinggalkan kedua orangtuanya untuk selamanya.

Sepekan yang lalu, ibunda Nova memang meninggal dunia. Sementara Dahlan, ayahnya telah meninggal sekitar setahun yang lalu. Suasana duka bahkan masih terlihat dari rumah Nova. Tratak masih terpasang di halaman rumahnya untuk digunakan saat menggelar doa bersama.

Sepeninggal kedua orangtuanya, Nova yang menyandang tuna daksa itu harus tinggal seorang diri di rumah peninggalan orang tuanya di Desa Gabus, Kecamatan Gabus.

Baca Juga: Berkolaborasi, PWI–KSH Pati Bagikan Ratusan Takjil ke Pengendara

Beruntung kedua kakaknya tinggal tak jauh dari rumah itu sehingga bisa rutin menemani. Keponakan perempuannya pun sering datang mengunjungi. Sepeninggal kedua orang tuanya, Nova memang dirawat oleh kedua kakaknya.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan perhatian dari PWI Pati. Kemarin, ketua PWI Pati Moch Noor Efendi beserta anggotanya datang untuk mengucapkan belasungkawa sekaligus menyerahkan bantuan berupa sejumlah uang, pakaian, serta mi instan.

“Saat bertemu dengan Nova, kami justru menemukan sisi menarik didirinya. Meskipun penuh keterbatasan, namun tetap mampu mandiri. Bahkan Nova kini sering membantu mempromosikan dan menjualkan sejumlah hal. Mulai dari dekor, hingga sepeda motor. Dia seolah menjadi marketing di media sosial,”terang Efendi kemarin.

Rupanya usaha itu mampu berbuah manis, tak sedikit dekor dan sejumlah barang yang dipromosikannya mampu terjual. Oleh pemilik barangnya, biasanya Nova akan diberikan sedikit komisi. Hasilnya bisa digunakan untuk kebutuhannya sehari-hari.

“Jualan dekor dan motor biasanya di Facebook, IG, dan Tiktok. Kepingin bisa multimedia,”kata Nova  ketika berdialog dengan Efendi.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Pati : Penanganan Bencana Butuh Kajian Serius

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:52 WIB

Tiga Santri Pati Lolos Porsadin Tingkat Nasional

Rabu, 30 November 2022 | 22:27 WIB

UMK Pati 2023 Direkomendasikan Naik, Jadi Rp 2,1 Juta

Rabu, 30 November 2022 | 07:50 WIB

Tiba-tiba Desa di Pati Ini Diterjang Banjir Bandang

Senin, 28 November 2022 | 10:16 WIB

HGN 2022, MTs Negeri 1 Pati Luncurkan Buku Karya Guru

Minggu, 27 November 2022 | 23:29 WIB
X