Kunjungan ke Kudus, Mendag Janjikan Kemudahan Ekspor Sektor Industri Padat Karya dan UMKM

- Kamis, 29 September 2022 | 07:34 WIB
Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi sektor industri padat karya milik PT Sukun Wartono Indonesia di Kabupaten Kudus, Rabu (28/9). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi sektor industri padat karya milik PT Sukun Wartono Indonesia di Kabupaten Kudus, Rabu (28/9). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemerintah tengah menyiapkan stimulus maupun kebijakan khusus untuk usaha padat karya yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Salah satunya melalui kemudahan ekspor produk keluar negeri.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat berkunjung di Kudus, Rabu (28/9), mengatakan, usaha padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja tengah menjadi perhatian Pemerintah Pusat.

Di Kudus, Mendag mengunjungi pabrik rokok milik PT Djarum dan PT Sukun Wartono Indonesia. Zulhas juga menyempatkan diri berdialog dengan para pelaku UMKM di Kudus.

Baca Juga: Dialog dengan Nelayan Tradisional, Zulkifli Hasan Diwaduli Harga Rajungan hingga Perizinan

“Saya sengaja datang ke Kudus mengunjungi industri padat karya untuk mendengarkan kendala mereka, sekaligus nanti merumuskan solusi kebijakannya,” katanya.

Jika sektor usaha ini maju dan berkembang, kata Zulhas, diharapkan juga mampu menyerap tenaga kerja banyak. “Para petani tembakau misalnya pada sektor industri kretek ini juga bisa menuai hasilnya. Sementara Pemerintah juga mendapat setoran pajak,” katanya.

Dalam kunjungannya itu, Zulhas juga membawa rombongan perwakilan kelompok petani tembakau dari Madura. Pertemuan petani tembakau dengan industru kretek itu digelar di Brak Karangbener milik PT Djarum.

Zulhas berharap pertemuan itu membawa manfaat bagi petani untuk menjaga kualitas dan industri agar juga mendapat bahan baku yang berkualitas.

“Kami mendengar antara petani tembakau dan industri banyak pintu-pintunya. Ini yang kami harapkan dikurangi agar petani bisa langsung terkoneksi dengan industr,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X