Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

- Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB
Dasa Genta, pemilik batik Gentamas Kudus menunjukkan kreasi batik yang terinspirasi dari cerita rakyat Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Dasa Genta, pemilik batik Gentamas Kudus menunjukkan kreasi batik yang terinspirasi dari cerita rakyat Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemilik batik Gentamas memiliki inspirasi menarik dalam pembuatan batik miliknya. Dia memilih membuat motif dari cerita rakyat dan cerita tutur yang ada di Kudus.

Dasa Genta, pemilik batik Gentamas menyebut dia kini sudah memiliki setidaknya 21 motif batik dari kearifan lokal. Seperti batik Kedung gender yang terinspirasi air terjun di Kecamatan Dawe, batik kancilan dari cerita rakyat Desa Terban, Kecamatan Jekulo, tari kretek, hingga parijoto.

“Saya biasanya berkeliling untuk mendengar cerita rakyat atau kearifan lokal yang ada di desa-desa Kudus. Itulah yang kemudian saya jadikan inspirasi membuat motif batik,”tambahnya.

Baca Juga: Kali Pertama di Blora, Siswa-Siswi SMPN 1 Kunduran Luncurkan Kain Ecoprint

Hanya saja dia mengaku terkendala dalam mematenkan motif batik miliknya tersebut. Hal itu diantaranya lantaran biayanya yang cukup besar.

“Permotifnya saja sudah mahal. Tapi rencananya saya ingin mematenkan motif latar Parijoto,”tambahnya.

Baginya ada kebanggaan tersendiri untuk mengangkat cerita rakyat ke dalam kain batik. Selain untuk mengenalkan cerita rakyat dan kearifan lokal itu, dia berharap pemakainya bisa lebih cinta produk lokal.
“Terutama pada cerita rakyat yang ada di Kudus ini,”terangnya.

Siapa sangka motif buatannya itu banyak digemari. Tak hanya bagi warga Kudus saja namun banyak juga pesanan yang datang dari luar daerah. Seperti Magelang hingga Kalimantan.

“Kebetulan saya juga memasarkannya lewat online. Jadi banyak pesanan yang datang dari luar daerah,”tambahnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X