KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

- Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB
Sejumlah pekerja tampak beraktivitas di sekitar Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Sejumlah pekerja tampak beraktivitas di sekitar Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kini tengah menambah tiga gedung baru di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT). Langkah itu diharapkan dapat memfasilitasi industri kecil menengah (IKM) rokok di Kudus.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkop dan UKM) Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, tiga gedung tambahan yakni gedung LMN dan akan melengkapi 11 gedung yang ada sebelumnya.

“Saat ini sudah proses lelang. Terjadwal untuk tahapan pembukaan dokumen penawaran,”tambahnya.

Baca Juga: Rekomendasi Gubernur Turun, Pembebasan Lahan SIHT Segera Dilakukan

Jika taka da kendala, dikatakannya, sesuai jadwal pada Jumat (7/10) nantinya telah dilakukan tanda tangan kontrak dan bisa dilaksanakan pembangunan fisik. Untuk pembangunan tiga gedung itu sendiri dikatakannya disiapkan anggaran hingga Rp 4,2 miliar.

“Untuk kendala, dalam proses lelang KIHT memang agak molor sedikit dari jadwal karena memang ada tahapan yang harus dilalui,”ujarnya.

Diantaranya yakni harus melalui review harga perkiraan sendiri (HPS). Hal itu diantaranya lantaran ada kenaikan bahan bakar minyak (BBM) sehingga turut menyebabkan inflasi. Pihaknya tetap melalui semua tahapan yang ada.

“Harapannya tentu tidak sampai batal. Kalau soal waktu masih ada tiga bulan kami perkiraan akan cukup,”terangnya.

Dengan adanya penambahan gedung itu sendiri diharapkan dapat mengakomodir serta memfasilitasi IKM rokok yang ada saat ini. Terlebih saat ini sudah ada 18 IKM yang belum terakomodir lantaran belum ada tempatnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X