Pasar Rakyat Hari Jadi Kota Kudus, Bangkitkan UMKM Pasca Pandemi

- Sabtu, 24 September 2022 | 06:55 WIB
Sam’ani Intakoris, Sekda Kabupaten Kudus saat ikut berbelanja di Pasar Rakyat yang digelar dalam rangkaian hari jadi ke 473 Kabupaten Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Sam’ani Intakoris, Sekda Kabupaten Kudus saat ikut berbelanja di Pasar Rakyat yang digelar dalam rangkaian hari jadi ke 473 Kabupaten Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menjadikan pasar rakyat sebagai salah satu rangkaian acara puncak hari jadi ke 473. Keberadaan Pasar Rakyat sendiri diakui menjadi momen kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pasca pandemi.

Dalam progam itu, Pemkab menyulap sepanjang jalan Sunan Kudus untuk display stand UMKM. Total ada sekitar 300 produk lokal yang disiapkan untuk dipamerkan dan dijajakan.

Warga pun tampak begitu antusias mengunjunginya.

Baca Juga: Doa Alim Ulama untuk Kudus, Momentum Hari Jadi Tunjukkan Beragam Prestasi

Dasa Genta, pemilik owner Gentamas Batik dan Ecoprint mengaku turut antusias dalam mengikuti pesta rakyat tersebut. Baginya momen itu menjadi pengenalan produkanya kembali. Apalagi selama dua tahun saat pandemi hampir tidak ada pergerakan berarti.

“Saat pandemi hampir tidak ada pergerakan. Kami hanya bergerak di pelatihan. Dengan adanya pesta rakyat ini kami mampu bangkit. Khususnya para pelaku UMKM,”tambahnya.

Sementara itu Sam’ani Intakoris, Sekda Kabupaten Kudus saat ditemui di Pesta Rakyat menyebut progam itu menjadi salah satu langkah pemerintah kabupaten (Pemkab) Kudus untuk mengakomodir UMKM. Apalagi Kabupaten Kudus banyak dikenal sebagai kota perdagangan, jasa, dan pertanian.

“Progam Pak Bupati, ini sangat bagik dan akan kami dukung bersama,”terangnya.

Sam’ani mengatakan UMKM menjadi sektor yang paling kuat terhadap inflasi. Bahkan sekalipun terdampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) namun para pelaku UMKM tetap berusaha untuk kuat menghadapinya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X