Hari Jadi ke-473 Kabupaten Kudus, Tahun Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan

- Jumat, 23 September 2022 | 06:18 WIB
Bupati Kudus HM Hartopo memotong tumpeng pada acara kenduren hari jadi ke-473 Kabupaten Kudus di Alun-alun Kudus, Kamis (22/9) malam. (suaramerdeka-muria.com/dok)
Bupati Kudus HM Hartopo memotong tumpeng pada acara kenduren hari jadi ke-473 Kabupaten Kudus di Alun-alun Kudus, Kamis (22/9) malam. (suaramerdeka-muria.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Urusan kesehatan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) menjadi fokus Pemkab Kudus setelah pandemi Covid-19 mereda sejak awal tahun ini. Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, kesehatan masyarakat menjad kunci penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Tanpa masyarakat yang sehat, kata Hartopo, mustahil mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Karena itu urusan kesehatan masyarakat menjadi fokus utama sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia awal 2020 lalu.

Sejak itu, penguatan layanan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas terus dilakukan. Setelah pandemi mulai mereda, Pemkab Kudus tak lantas meminggirkan urusan kesehatan.

Baca Juga: Sambut Hari Jadi, Pemkab Kudus Perpanjang Program Pemutihan Denda PBB-P2

“Urusan kesehatan terus kami perhatikan, salah satunya dengan memperluas cakupan kepesertaan program JKN, sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan bisa mendapatkan pelayanan dengan mudah, cepat, dan tepat,” katanya, Rabu (21/9).

Karena usahanya memacu kepesertaan JKN hingga 95,34 persen, Pemkab Kudus mendapatkan penghargaan universal health coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun kepada Bupati Kudus Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu pagi.

Dari total penduduk Kabupaten Kudus sebanyak 867.637 jiwa, sebanyak 827.216 kini telah tercover JKN. Dari jumlah itu, sebanyak 232.762 orang merupakan peserta kategori PBI yang dibiayai Pemerintah baik Pusat, Provinsi, dan Pemkab Kudus.

Bupati Kudus HM Hartopo menerima penghargaan UHC award dari BPJS Kesehatan atas capaian 95 persen UHC. (suaramerdeka-muria.com/dok)

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X