Kudus Bakal Punya Rumah Sakit Pendidikan, Didesain Khusus

- Rabu, 28 Juli 2021 | 14:23 WIB
Peletakan batu pertama pembangunan RS Sarkies Aisyiyah Kudus yang dihadiri Bupati Kudus Hartopo, Rabu (28/7) pagi. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Peletakan batu pertama pembangunan RS Sarkies Aisyiyah Kudus yang dihadiri Bupati Kudus Hartopo, Rabu (28/7) pagi. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Kabupaten Kudus bakal memiliki rumah sakit (RS) Pendidikan pertama seiring mulai dibangunnya RS Sarkies Aisyiyah Kudus, Rabu (28/7). Rumah sakit enam lantai itu didesain secara khusus sesuai dengan jalur penanganan pasien infeksius seperti masa pandemi Covid-19 saat ini.

Ketua Panitia Pembangunan RS Sarkies Kudus Hilal Ariyadi mengatakan, rumah sakit yang akan dibangun ini rencananya 10 lantai. Namun untuk tahap awal dibangun enam lantai dengan kapasitas 150 tempat tidur.

“RS Sarkies Aisyiyah ini nantinya tipe B Pendidikan,” katanya pada peletakan batu pertama RS Sarkies Aisyiyah, Rabu (28/7) pagi.

BACA JUGA : Wow!! Berita Hoaks Tentang Vaksinasi Capai 50 Ribu Konten. Warga Jadi Enggan Divaksin

Hilal mengatakan, rumah sakit ini mengusung desain terbaru sesuai kondisi masa pandemi. Hal ini ditandai dengan tersedianya jalur masuk tersendiri untuk pasien infeksius. Jalur ini terpisah dengan pasien umum sehingga aman melayani pasien saat masa pandemi seperti saat ini.

“Masa pandemi ini membuat masyarakat takut ke rumah sakit karena bisa terpapar penyakit. Karena itu rumah sakit ini didesain secara khusus untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasien,” katanya.

Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit pendidikan RS Sarkies Aisyiyah Kudus itu dihadiri oleh Bupati Kudus Hartopo, a Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng Shofa Chasani dan jajaran pengurus PD Muhammadiyah Kudus.

Hartopo mengatakan, Pemkab Kudus mendukung pembangunan RS Sarkies Aisyiyah yang nantinya akan bersinergi dengan Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU).

Hartopo juga mendorong agar segera dibuka fakultas kedokteran pertama di Kudus, sehingga bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat di Kabupaten Kudus. “Ini tentu akan semakin memperkuat Kudus sebagai kota pendidikan,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X