Gandrung Swara Alghifari, Dalang Cilik, Terinspirasi Tokoh Gatotkaca

- Kamis, 22 September 2022 | 07:15 WIB
Seorang dalang cilik saat berlatih memainkan wayang kulit baru-baru ini. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Seorang dalang cilik saat berlatih memainkan wayang kulit baru-baru ini. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI,suaramerdeka-muria.com – Kabupaten Pati banyak dikenal sebagai kota budaya. Sejumlah seni tradisi mampu tumbuh subur di daerah pesisir utara Jawa ini. Mulai dari ketoprak, wayang kulit, tari maupun sejumlah kesenian tradisional lainnya.

Diantara yang mampu menunjukkan eksistensinya yakni wayang kulit. Di Pati sendiri mulai bermunculan dalang cilik. Gandrung Swara Alghifari misalnya,bocah berusia 13 tahun ini tampak begitu terampil saat memainkan wayang ditangannya.

Diusianya yang masih belia Gandrung bahkan sudah luwes memainkan wayang kulit. Hal itu begitu terlihat saat dia memainkan sabetan. Meski masih kelas satu sekolah menengah pertama (SMP), namun Gandrung rupanya sudah hafal sejumlah cerita dan tokoh dalam pewayangan.

Baca Juga: Pertunjukan Wayang di Era Milenial Diminta Jadi Tontonan dan Tuntunan

Namun dari sekian karakter, ia mengaku terinspirasi dan paling suka dengan tokoh Gatot Kaca. Baginya, Gatot Kaca adalah kesatria yang sakti dan sangat menjunjung kejujuran.

“Saya sudah suka wayang kulit yang menjadi budaya nusantara ini sejak masih kanak-kanak. Suka wayang sejak sebelum sekolah, karena sering melihat bapak,”ujarnya.

Kebetulan ayahnya memang merupakan dalang wayang kulit di Kabupaten Pati. Dari situlah darah keseniannya menurun. Gandrung saat ini bahkan berhasil menorehkan sejumlah prestasi dari seni wayang kulit yang ditekuninya.

Seperti di tahun 2020 silam, ia menyabet juara pertama dalam lomba dalang anak di Pati. Kemudian mendapatkan juara tingkat Keresidenan Pati pada tahun 2021. Dia juga masuk lima besar gaya sabet Surakarta tingkat nasional.

Tak berhenti disitu, saat ini, dia juga mewakili Keresidenan Pati untuk maju dalam lomba dalang anak tingkat provinsi Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Ribu Pelanggar Lalu Lintas Terjaring ETLE

Kamis, 22 September 2022 | 06:55 WIB

Satu Desa di Pati Laporkan Kekeringan Air

Rabu, 21 September 2022 | 06:30 WIB

Bingung Bikin Perdes? Datang Saja ke Klinik Si Desa

Sabtu, 17 September 2022 | 14:26 WIB

Demokrat Pati Tekankan Kader Turun Dampingi Masyarakat

Jumat, 9 September 2022 | 17:47 WIB

Hingga Agustus, PAD Pasar di Pati Tembus Rp 5 Miliar

Kamis, 8 September 2022 | 15:57 WIB

Jangan Panik! Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Kamis, 8 September 2022 | 14:37 WIB
X