Kudus Raih Piagam UHC dari BPJS Kesehatan, Kartu Baru Peserta JKN Bisa Langsung Aktif

- Rabu, 21 September 2022 | 15:18 WIB
Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun menyerahkan piagam penghargaan UHC kepada Bupati Kudus Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (21/9). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun menyerahkan piagam penghargaan UHC kepada Bupati Kudus Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (21/9). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.comBPJS Kesehatan menyerahkan piagam penghargaan  Universal Health Coverage (UHC) kepada Pemkab Kudus atas capaian 95 persen kepesertaan JKN di Kabupaten Kudus.

Piagam diserahkan langsung oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun kepada Bupati Kudus Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (21/9).

Dalam sambutannya David mengatakan, piagam UHC ini menjadi bukti komitmen Pemkab Kudus untuk menjamin kesehatan warganya.

Baca Juga: Hore! Peserta JKN Dapat Diskon Khusus Beli Skincare hingga Makan di Resto Ini

“Saya baru tahu saat ini jelang peringatan hari jadi ke-473 Kabupaten Kudus. Tentu piagam UHC ini menjadi bentuk komitmen Pemkab Kudus untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk warganya,” katanya.

Data BPJS Kesehatan menyebutkan, dari total penduduk Kabupaten Kudus sebanyak 867.637 jiwa, sebanyak 827.216 (95,34 persen) telah tercover JKN. Dari jumlah itu, sebanyak 232.762 orang merupakan peserta kategori PBI yang dibiayai Pemerintah baik Pusat, Provinsi, dan Pemkab Kudus.

Sebanyak 161.310 orang peserta merupakan PBPU Pemda, 440.099 peserta PPU, dan sisanya sebanyak 12.281 orang merupakan peserta kelompok BP.

David mengatakan, dengan capaian itu dan penandatanganan komitmen UHC non cut off oleh Pemkab Kudus, maka mulai saat ini setiap warga yang ddiaftarkan sebagai peserta JKN oleh Pemkab Kudus, maka kartunya segera aktif.

“Jika sebelumnya harus menunggu 14 hari, atau tanggal 1 di bulan berikutnya, maka dengan adanya UHC dan komitmen Pemkab Kudus ini, maka setiap warga yang ddiaftarkan oleh Pemkab Kudus, maka kartu JKN-nya langsung aktif,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X