Warga Binaan Rutan Kudus Antusias Vaksinasi, 10 Orang Gagal Skrining

- Selasa, 27 Juli 2021 | 17:41 WIB
Warga Binaan Rutan Kudus menjalani skrining kesehatan sebelum mendapatkan vaksin Covid-19, Selasa (27/7). (suaramerdeka.com/dok)
Warga Binaan Rutan Kudus menjalani skrining kesehatan sebelum mendapatkan vaksin Covid-19, Selasa (27/7). (suaramerdeka.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Sebanyak 119 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus jalani vaksinasi Covid-19, Selasa, (27/7). Rutan Kudus total menampung sebanyak 129 warga binaan. Sepuluh orang warga binaan gagal divaksin karena tidak lolos skrining oleh petugas kesehatan.

Kepala Rutan IIB Kudus Suprihadi mengatakan, seluruh warga binaan antusias menjalani vaksinasi. Secara keseluruhan, tercatat sebanyak 145 orang warga binaan di Rutan Kudus. Namun dari jumlah itu, sebanyak 16 orang menjalani tahanan di Polres Kudus.

“Dari sebanyak 129 warga binaan yang di sini, semua dijadwalkan mengikuti vaksinasi Covid-19. Namun dari hasil skrining kesehatan, sepuluh warga binaan belum bisa divaksinasi karena memiliki riwayat penyakit penyerta,” katanya.

Vaksinasi di Rutan Kudus dipantau langsung oleh Dandim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto dan Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma.

BACA JUGA : Positif Covid-19, Delapan Napi Lapas Pati Diisolasi, Satu Dibawa ke Rumah Sakit

Suprihadi mengakatan, program vaksinasi ini bisa digelar setelah pihaknya berkoordinasi dengan Kodim, Polres dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Dari hasil koordinasi itu, warga binaan Rutan Kudus mendapat jatah vaksin jenis Sinovac dari Kodim Kudus.

“Seusai arahan pimpinan kami diminta, untuk seluruh Rutan atau lapas itu agar bisa segera melakukan vaksinasi untuk warga binaan, agar bisa memproteksi diri,” katanya.

Suprihadi menambahkan, sebanyak sepuluh warga binaan yang belum lolos skrining vaksin itu punya tiga penyakit bawaan jantung, dan sisanya ada anemia serta tensinya tinggi.

Ia menambahkan, tidak ada penolakan dari warga binaan saat proses vaksinasi berlangsung. Warga binaan, lanjut dia, telah paham pentingnya vaksinasi sebagai perlindungan dari paparan virus Corona.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X