Absen 2 Tahun, Baznas Jepara Kembali Gelar Pekan Peduli Sosial

- Selasa, 13 September 2022 | 06:12 WIB
Kepala Kantor Kemenag Jepara Muh Habib (kanan) didampingi Camat Batealit Musthakim, dan Wakil Ketua Baznas Jepara Kusdiyanto menyerahkan kupon Pekan Peduli Sosial kepada Kepala MTsN 1 Jepara Miftakhudin pada apel pencanangan di Halaman Madrasah, Senin (12/9). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Kepala Kantor Kemenag Jepara Muh Habib (kanan) didampingi Camat Batealit Musthakim, dan Wakil Ketua Baznas Jepara Kusdiyanto menyerahkan kupon Pekan Peduli Sosial kepada Kepala MTsN 1 Jepara Miftakhudin pada apel pencanangan di Halaman Madrasah, Senin (12/9). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com -  Sebagai mahluk sosial, manusia mengemban amanat untuk saling membantu dan bekerjasama. Kepedulian sosial dan tolong menolong harus dibangun sejak dini melalui pendidikan dan pelatihan, termasuk di sekolah ini.

Hal tersebut dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Ratib Zaini, saat menjadi Pembina Upacara di Halaman SMPN 2 Jepara, Senin (12/9).

Pada kesempatan tersebut juga dilaunching Pekan Peduli Sosial (PPS) oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara. Kegiatan dihadiri Ketua Baznas Kabupaten Jepara Sholih, Kepala Perangakat Daerah terkait, Kepala SMPN 2 Jepara Fatkhurrahman beserta para guru, serta siswa siswi peserta upacara.

Baca Juga: Bulan Kemerdekaan, Baznas Jepara Salurkan Zakat Produktif ke Warga 5 Kecamatan

Dalam sambutannya, Ratib Zaini menyampaikan, selain sebagai wahana pendidikan dan pelatihan bagi siswa dan mahasiswa agar tumbuh semangat ikhlas dan sosial membantu sesama. Dengan cara mengumpulkan dana sosial berupa infaq dan sedekah kemudian disalurkan kepada yang berhak menerima.

Hal itu sesuai dengan nilai-nilaai luhur Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang sarat ajaran-ajaran kemanusiaan dan kepedulian. PPS dilaksanakan selama 6 hari mulai 12-17 September 2022.

"Semoga para siswa siswi bisa menyisihkan uang sakunya untuk Pekan Peduli Sosial. Mudah-mudahan berjalan sukses dan bermanfaat untuk saudara-saudara kita," tuturnya.

Dalam pelaksanaan PPS, bahwa dana yang terkumpul 100 persen nantinya akan disalurkan sesuai penanfaatannya. 50 persen untuk kegiatan sosial di masing-masing sekolah. Seperti bantuan siswa keluarga miskin dan bantuan beasiswa siswa berprestasi.

Selanjutnya 25 persen untuk kegiatan sosial seperti panti asuhan, beasiswa, dan lainnya. Kemudian 12,5 persen untuk bantuan musibah dan bencana alam. Kemudian 12,5 persen untuk koordinasi dan sosialisasi OPD terkait dan kelompok kerja pendidikan. Pada kesempatan itu, Ratib Zaini menyerahkan Kupon Peduli Sosial bagi yang mampu dan sukarela untuk peserta didik kepada Kepala SMPN 2 Jepara Fatkhurrahman.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jepara Usulkan UMK 2023 Rp 2.272.626,63

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:37 WIB
X