Mahasiswa Gelar 'September Bergerak' Tolak Kenaikan Harga BBM, Ini Poin Tuntutannya

- Selasa, 13 September 2022 | 06:02 WIB
Mahasiswa Aliansi September Bergerak menggelar aksi di depan gedung DPRD Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Mahasiswa Aliansi September Bergerak menggelar aksi di depan gedung DPRD Kudus. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Seratusan mahasiswa dari tiga organisasi memblokade jalan R Agil Kusumadya persis di depan gedung DPRD Kudus, Senin (12/9) siang. Aksi itu menjadi bagian aksi September Bergerak menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Massa dari tiga organisasi mahasiswa PMMI, GMNI, dan HMI lebih dulu berkumpul di Alun-alun Simpang tujuh Kudus. Mereka kemudian bergerak ke depan gedung DPRD Kudus. Melihat gerbang DPRD Kudus, mereka pun spontan menggelar aksi blokade jalan.

Ketua DPRD Kudus Masan yang turun menemui massa bersama Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama tak digubris mahasiswa. Mereka tetap memblokade jalan sembari berorasi dan membakar ban di tengah jalan.

Baca Juga: Tak Bisa Melaut Gara-Gara Tak Diizinkan Membeli Solar, Nelayan Jepara Demo di SPBU

Ketua Cabang PMII Kabupaten Kudus Muh Alvin Rizqiya menegaskan, PMII bersama GMNI dan HMI Kabupaten Kudus tegas menolak kebijakan kenaikan harga BBM. Mahasiswa juga menuntut pengawalan pendistribusian BBM, elpiji, dan listrik bersubsidi agar tepat sasaran.

“Kami juga mendesak mafia BBM diberantas. Apalagi kemarin ada temuan penyalahgunaan BBM bersubsidi sebanyak 12 ton di Kudus. Pelakunya harus ditindak tegas,” katanya.

Pada aksi itu, mahasisnya juga mendesak para anggota DPRD Kudus turut merasakan keprihatinan atas kondisi masyarakat pasca kenaikan harga BBM. Mereka mendesak UU terkait tunjangan anggota dewan dihapus dan direlokasi ke subsidi BBM.

Alvin menambahkan, pihaknya juga menyoriti konser Denny Caknan di gedung DPRD Kudus. Selain masih dalam kondisi pandemi, konser itu dinilai tidak pas karena bersamaan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Perlu ada transparansi laporan kegiatan ke publik tentang acara konser Denny Caknan yang digelar terbatas di Aula DPR Kabupaten Kudus," katanya

Menanggapi itu, Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan, siap membuka ruang diskusi bagi mahasiswa terkait tuntutan yang disampaikan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB
X