Ratusan Keris Pusaka Dipamerkan di Festival Tosan Aji Blora

- Senin, 12 September 2022 | 18:02 WIB
Berbagai keris pusaka dipamerkan dalam festival Tosan Aji Blora yang digelar di Gor Mustika Blora, mulai Senin (12/09/2022). (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)
Berbagai keris pusaka dipamerkan dalam festival Tosan Aji Blora yang digelar di Gor Mustika Blora, mulai Senin (12/09/2022). (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)

BLORA, suaramerdeka-muria.com - Festival Tosan Aji Blora yang digelar di Gor Mustika Blora, mulai Senin (12/09/2022) pamerkan ratusan keris pusaka.

Acara yang diprakarsai oleh Paguyuban Tosan Aji Kuntul Ngantuk dan Toyopadasan tersebut akan berlangsung hingga senam hari ke depan.

Tampak ratusan keris pusaka yang dipamerkan dalam festival tersebut lengkap dicantumkan nama, asal dan sejarah masing-masing.

Benda-benda itu selain dipajang di meja, ada juga yang dipajang di dalam etalase kaca.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Kualifikasi Piala Asia U20 2023 : Timnas Hong Kong Sudah Tiba, Disusul Vietnam dan Timor Leste

Baca Juga: Warga Kudus Kabur dengan Tangan Diborgol, Dikenal Licin dalam Kasus Rokok Ilegal di Tuban

Rudi salah seorang panitia festival menyampaikan, tujuan pameran keris tersebut untuk mengingatkan kepada masyarakat agar tetap melestarikan budayanya.

"Tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk mengingat bahwa Tosan Aji, adalah warisan budaya leluhur dalam bentuk sebuah senjata tradisional yang harus kita jaga bersama," jelas Rudi.

Menurutnya, pameran benda pusaka tersebut pertama yang dilaksanakan pasca pandemi. ‘’ Sebelum ada pandemi kita sering mengadakan pameran ini."

Baca Juga: Seluruh Indonesia Dibuat Heboh Aksi Hacker Bjorka, Ternyata Dia Orang Indonesia Juga

Seiring dengan menurunnya minat masyarakat, lanjut Rudi, pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama melestarikan Tosan Aji.

Ditandaskan, Tosan Aji harus dijaga bersama karena sudah mendapatkan pengakuan dari Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) melalui Unesco.

''Yakni, dinyatakan sebagai warisan dunia yang berasal dari Indonesia," imbuhnya.

***

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Blora Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Jumat, 25 November 2022 | 08:21 WIB

Bupati Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Bidan

Senin, 21 November 2022 | 16:27 WIB
X